KPU BC Tipe B Batam Laksanakan Pencanangan ZI Menuju Wilayah Bebas Korupsi


BATAMCLICK.COM, BATAM – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam melaksanakan kegiatan Pencanangan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), di Aula Lantai 3 KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Batuampar, Kota Batam, Kamis (16/5/2019).

Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam Susila A Brata mengatakan, bahwa seluruh jajaran kantor Bea Cukai Batam berkomitmen mewujudkan pelayanan dan pengawasan yang baik, bersih serta bebas dari KKN di bandara maupun di pelabuhan.


BACA JUGA:

“Pencanangan ini diharapkan menjadikan pelayanan Bea Cukai Batam menjadi lebih cepat, tepat, dan profesional. Apalagi jika didukung dengan sinergi dari seluruh stakeholder tersebut. Diharapkan dapat memberikan pengawasan terhadap proses Internalisasi Zona Integritas menuju WBK,” terang Susila.

Susila juga menambahkan, adanya pencanangan tersebut dilakukan sebagai komitmen Bea Cukai dalam mewujudkan clean government serta good governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang telah menetapkan 12 kawasan strategis pelabuhan laut dan bandar udara sebagai lokasi dari program tersebut,” jelas Susila.

Adapun Ke-12 kawasan yang masuk zona integritas meliputi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Sekupang Batam.

Sedangkan untuk Bandara yaitu Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

“Tujuan dari pendeklarasian hari ini untuk membuat bahwa Kantor Bea dan Cukai Batam menuju wilayah bebas korupsi, karena Bea dan Cukai Batam merupakan bagian dari 12 pelabuhan yang ditunjuk yaitu Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Hang Nadim Batam,” ujar Susila.

Selain manusianya yang kita rubah dan kita bangun menuju lebih baik, mental dan sebagainya kemudian teknologi informasi serta penyempurnaan sistem prosedurnya sehingga lebih efisien.