BATAMCLICK.COM: Walikota H Muhammad Rudi terus memperkuat sektor wisata Kota Batam. Salah satu yang kini diperkuatnya adalah destinasi wisata religi. Sektor ini akan membuat kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam semakin meningkat.

“Masjid ini kita bangun juga untuk pengembangkan wisata religi. Nanti akan ramai yang bilang: ayo ke Batam, ada masjid yang sangat besar, unik dan sangat indah,” kata Rudi saat Safari Ramadhan di Masjid Al Ikhlas Perumahan Plamo Garden, Batam Kota, Batam, Ahad (12/5/2019) petang.

Konser SO7 di Batam Batal, Ini Penjelasan dari EO Lokal

 

Kini Pemko Batam memang sedang membangun masjid terbesar di rantau ini. Masjid ini diperkirakan bisa menampung 25 ribu jamaah.

Rudi yakin masjid ini akan menjadi kebanggaan Batam. Malah Rudi yakin akan terkenal hingga seluruh dunia.

Selain masjid ini, Pemko juga, kata Rudi, akan merenovasi Masjid Agung Batam, di Batamcentre. Saat ini Masjid Agung bisa menampung 3.000 jamaah. Setelah dibongkar, kata Rudi, akan mampu menampung 10 ribu jamaah.

Dua masjid ini, diyakini akan mendorong menguatnya sektor wisata religi. Tahun 2018, kata Rudi ada peningkatan 380 ribu wisatawan asing dari target yang ditetapkan. Karena itu Rudi yakin dengan dukungan semua pihak target 2,4 juta wisman ke Batam bakal terpenuhi.

Menurut Rudi, wisatawan yang masuk akan memberi dampak bagi ekonomi Batam. Pada beberapa pihak memang tak berdampak langsung. Tadi pada pihak lainnya seperti hotel, kuliner dan lainnya akan berdampak langsung.

Yang pasti, kata Rudi, dengan perputaran uang dari sektor ini bisa menyelamatkan pertumbuhan ekonomi Batam.

“Yang jelas kita mampu membangun apa yang dibangun di daerah maju lainnya,” kata Rudi.

Masjid Batam ini rencananya akan diresmikan pada Jumat 20 September tahun ini. Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga Wakil Presiden HM Jusuf Kalla sudah menyiapkan waktu untuk hadir.

Selain itu, tiga ustaz kondang akan mengisi rangkaian peresmian ini. Di antaranya Ustaz Abdul Somad, KH Habis Syeik Abdul Kodir dan pendakwah kondang dari Malaysia Ustaz Kasim Ilyas.(zal)