BATAMCLICK.COM: Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB di jalan Sultan Syarif Hasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak mendadak heboh sekitar pukul 01:45 Wib Sabtu (11/5) dini hari . Beberapa kali suara tembakan terdengar dari dalam rutan.

Hanya beberapa saat berselang, api mulai berkobar di bagian depan Rutan. Sejumlah Narapidana berlarian menyelamatkan diri, diantaranya ada yang berusaha kabur.

Tengku Rudi, salah seorang warga yang datang ke lokasi kejadian mengatakan, bagian depan Rutan sudah ludes dilalap si jago merah.

BACA JUGA:

Napi Rusuh! Rutan Siak Dibakar!

“Belum tahu pasti seperti apa awal mula kejadiannya. Informasi yang saya dapatkan, kerusuhan bermula saat pertukaran shift di Rutan. Seorang Narapidana tiba-tiba merebut senjata petugas,” ujar Rudi kepada melalui sambungan telepon.

Setelah perebutan senjata itu kata Rudi, suasana di Rutan semakin tidak terkendali. Bahkan terdengar kabar seorang perwira polisi tertembak dan langsung dilarikan ke RSUD Siak Sri Indrapura.

“Saat ini sebahagian Narapidana ada yang menyerahkan diri dan ada yang ditangkap. Masyarakat ikut membantu,” katanya.

Hingga berita ini dilansir, belum ada keterangan resmi dari yang berwajib. Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Riau, M Diah yang dihubungi Gatra.combelum merespon, begitu juga dengan Kapolres Siak, AKBP Ahmad David, belum menjawab.***

Artikel ini telah terbit di gatra.com