BATAMCLICK.COM: H Syamsuri, Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 4, untuk DPRD Provinsi Kepri dari dapil Kepri IV (Batam Kota, Lubukbaja, Bengkong dan Batuampar) didampingi segenap pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Selatan (IKBSS) Kota Batam, melaporkan telah terjadinya kecurangan terhadap tahapan Pileg, Jumat (10/5/2019).

Dijelaskannya, indikasi kecurangan yang terjadi yakni berpindahnya suara partai untuk salah seorang caleg dari partai dan dapil yang sama dengannya.

“Tadi kami sudah melaporkan langsung kejadian tersebut ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam dengan melampirkan sejumlah barang bukti,” ujar Syamsuri, di kantor Bawaslu kota Batam.

Ia memaparkan, ada sebanyak 200 suara partai yang berpindah saat proses rekapitulasi berlangsung, yakni pada form DAA1 ke DA1 di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota.

Dalam membuat laporan tersebut, H Syamsuri juga menyertakan dua saksi, serta form DAA1, teli dan DA1.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Batam, Muhammad Reza Syailendra mengungkapkan, laporan yang dimaksud sudah masuk dan sedang dipelajari.

“Karena sifatnya siapapun yang datang melapor asalkan berkaitan dengan pemilu akan diterima, laporan yang masuk akan kita pelajari, dan akan diselesaikan,” ungkapnya. (lin)