BATAMCLICK.COM – Sebanyak 10 kontestan encik dan 10 kontestan puan sudah terjaring melalui audisi Encik dan Puan 2019 yang digelar di Mall Botania 2 Batam Centre, Sabtu-Minggu (6-7/4).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan awalnya terdapat 110 orang pendaftar. Namun hanya 80 orang yang hadir saat technical meeting di Gedung LAM Batam Centre.

“Untuk tahap audisi, diikuti 73 orang. Dan sudah tersaring menjadi 20 besar, 10 pria dan 10 wanita,” kata Ardi.

Finalis yang lulus audisi ini akan mengikuti karantina selama tiga hari, 25-27 April, di Pacific Palace Hotel. Setelah masa karantina, mereka akan mengikuti Grand Final Pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 pada 28 April di tempat yang sama.

“Tahun ini ada yang sedikit berbeda. Peserta diminta menuangkan idenya untuk memajukan pariwisata Kota Batam dalam selembar kertas. Isinya harus seunik dan se-original mungkin,” tutur Ardi.

Dalam kegiatan bertajuk “Inspiring Millennials” ini, peserta juga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Serta ditingkatkan kompetensinya di bidang kepariwisataan. Sehingga mereka akan mampu menjadi duta wisata yang mempromosikan Kota Batam.

Ada tiga hal penting yang diangkat dalam pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 ini. Yaitu unsur budaya, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Finalis nanti akan dibimbing tenaga-tenaga ahli di bidangnya selama masa karantina.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melibatkan asosiasi-asosiasi yang ada di Batam untuk memoles kemampuan peserta. Seperti pemandu wisata, bahasa asing, motivasi, etika, dan sejarah serta budaya.

“Kita harap para finalis nantinya akan lebih giat mempromosikan Batam sebagai destinasi pariwisata nasional maupun internasional,” ujarnya.

Adapun yang bertindak sebagai juri pada proses seleksi ini adalah Direktur Batam Tourism Polytechnic (BTP) M Nur A Nasution, General Manager Pacific Palace Hotel Sumantri Endang, dan Sekretaris Disbudpar Batam Koestrini Serly Ernawati.

Disbudpar Kota Batam menyiapkan beragam hadiah bagi Encik dan Puan Duta Wisata terpilih. Juara I mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3 juta, dan juara harapan Rp 2 juta.

Artikel dilansir dari Media Center Batam