BATAMCLICK.COM : Siapa yang tak mengenal film India? Film India di Indonesia mendapat respon yang baik, mengingat film yang disajikan bukan film-film sembarangan. Salah satu film India ataup Bollywood yang paling dikenal di Indonesia ialah Kuch-Kuch Hota Hai yang diperankan oleh Sharukh Khan. Selain itu, film India biasanya melakukan shooting dengan banyak pernah pernik yang terkesan mewah.

Bila menilik ke belakang tentang sejarah perfilman India, film Raja Harishchandra (1913) karya Dadasaheb Phalke adalah film bisu layar lebar pertama produksi India. Pada tahun 1930-an, industri film di India menghasilkan lebih dari 200 judul film per tahun. Sementara itu, film bersuara produksi India yang pertama, Alam Ara (1931) karya Ardeshir Irani sukses sebagai film laris.

India memiliki pasar yang luas untuk film bersuara dan film musikal, sehingga Bollywood dan industri film regional di India beramai-ramai mulai memproduksi film bersuara. Sejak saat itulah banyak film-film lahir di Bollywood.

Rupanya, ada 11 film yang dibuat dengan biaya termahal dan fantastis sepanjang sejarah berdirinya Bollywood. Penasaran film apa saja?

1. 2.0 (Rp 700 miliar).

Film ini merupakan film science fiction yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Amy Jackson. Film ini disebut-sebut sebagai film dengan budget paling mahal di Bollywood sepanjang sejarah. Film yang satu ini dijadwalkan akan rilis pada 25 Januari tahun 2018 mendatang.

 

2. Baahubali (Rp 400 miliar)

Baahubali adalah sebuah film fiksi sejarah tahun 2015 yang disutradarai oleh S. S. Rajamouli. Diproduksi oleh Shobu Yarlagadda dan Prasad Devineni, film tersebut adalah film pertama dari dua bagian sinematik. Film tersebut dibuat dalam bahasa Telugu dan Tamil dan di-alih bahasa-kan dalam bahasa Hindi, Malayalam dan Perancis.

 

3. I (Rp 360 miliar)

Film dengan judul hanya satu huruf ini adalah film dengan genre romantis thriller yang disutradarai oleh Shankar dan dibintangi oleh Vikram dan Amy Jackson sebagai tokoh utama. Efek visual di film ini dikerjakan oleh V. Srinivas Mohan lewat Rising Sun Pictures.

 

4. Prem Ratan Dhan Payo (Rp 360 miliar).

Prem Ratan Dhan Payo adalah film drama romantis Bollywood yang dibintangi oleh Salman Khan dan Sonam Kapoor. Film arahan sutradara Sooraj Barjatya ini menceritakan pangeran Vijay yang nyaris terbunuh menjelang hari pemahkotaannya. Namun Vijay terluka parah dan harus dirawat secara rahasia.

Pada saat yang sama muncullah Prem Dilwale, seorang aktor drama yang sangat mirip Vijay. Prem kemudian diplot untuk menggantikan posisi Vijay sementara ia koma, namun konspirasi di sekeliling istana masih terus bergulir.

 

Dilansir melalui : Brilio.net