Cuaca Panas Bakar Semangat TNI dan Warga Kalinusu Brebes Bangun Jalan

Brebes – Teriknya matahari di lokasi pembangunan jalan tembus antar dusun di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa tengah, tak menyurutkan semangat puluhan warga setempat untuk membantu para teknisi bangunan Kodim 0713 Brebes, menambah panjang talud di kanan-kiri jalan yang sedang dibangun.

Proyek 2,2 kilometer lebar 4-6 meter pembangunan jalan dari Dusun Karanganyar menuju Dusun Kedung Kandri, memang cukup panjang dan berat jika dihadapkan dengan terik seperti itu. Namun dengan modal keikhlasan dan pembagian tugas (pembagian shift pagi dan sore), semua menjadi ringan.

BACA JUGA:   Dansatgas TMMD Reguler Brebes Serahkan Hasil Pembangunan Kepada Bupati

Sobirin (50), salah satu warga setempat mengatakan bahwa, modal utama membantu TNI menyelesaikan target TNI di TMMD Reguler adalah kemauan, keikhlasan, dan juga keceriaan.

“Kami sambil bercanda dengan TNI dan warga lainnya saat melakukan pekerjaan. Dengan melawak maka suasana kerja akan menjadi menyenangkan dan pekerjaan terasa ringan,” ucapnya, Sabtu (19/9/2020).

Selain itu menurutnya, faktor kepentingan mayoritas warga Kalinusu sebagai petani dan buruh tani yang memiliki lahan pertanian di sekitar jalan yang dibangun juga menjadi motivasi lebih karena harga tanah akan naik, dan tentunya memangkas biaya angkut panen.

BACA JUGA:   Bantuan Logistik Dari Warga Menjadi Kenangan Tersendiri Bagi Anggota Satgas TMMD Brebes

Ditambahkannya, faktor lain tentunya kegembiraan karena jalan TMMD itu merupakan akses jalan bagi moyang mereka yang asalnya dari Dusun Kedung Kandri, dimana tidak adanya akses jalan membuat 100 KK disana terisolasi dengan desanya.

Pasalnya, sudah puluhan tahun warga Kedung Kandri harus menyeberang rakit melalui Kali Pemali guna menuju desa/kecamatan tetangga, Kecamatan Bantarkawung, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan dan ke pasar terdekat.

BACA JUGA:   Masyarakat Kalinusu Puas Dengan Pembangunan Yang Dikerjakan Satgas TMMD Reguler Brebes

Tak hanya itu, jika hendak mendapatkan pelayanan Adminduk di Balai Desa Kalinusu, setelah menyeberang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 8 kilometer lebih (45 menit lebih) dengan melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai ke tujuan.

Sehingga dengan akses baru ini maka kedepan, warga Kedung Kandri hanya 10 menit sampai ke kantor desanya. (Rus/Aan/Red)