Serunya Lomba Sampan Ketingting di Patam Lestari

BATAMCLICK.COM: Kampung tua Patam Lestari mengadakan kegiatan lomba sampan ketingting yang diikuti sebanyak 20 peserta. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar warga.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam Azhari David Yolanda, mengatakan bahwa ia mendukung kegiatan tersebut dan akan memproyeksikan lomba sampan  ketingting Kampung Tua Patam Lestari masuk agenda kalender Pariwisata. 

Hal tersebut disampaikan disela-sela kegiatan lomba sampan ketinting di Kampung Tua Patam Lestari, Minggu (19/1/2020).

“Lomba sampan ketinting tersebut merupakan salah satu budaya yang harus dijaga dan dilestarikan,” ujarnya.

Ia juga berharap, semoga ini menjadi proyeksi Kota Batam kedepannya.Legislatif dan yudikatif duduk bersama terkait dengan lomba sampan ketinting ini.

BACA JUGA:   Mulai Oktober, Arab Saudi Kembali Buka Umrah Secara Bertahap

Lomba sampan ketinting ini sangat menarik sehingga banyak jiga peserta dari berbagai daerah yang ikut serta. Sekaligus menyalurkan hobi.

Lebih lanjut, kata David, komisi II akan memproyeksikan lomba sampan ketinting Kampung Tua ini agar masuk agenda kalender pariwisata. Karena dinas pariwisata merupakan mitra kerja anggota komisi II.

Saya berharap agar kegiatan lomba tersebut dimasukkan ke agenda pariwisata kota Batam. Dapat kita lestarikan kita wujudkan sifat yang positi,” jelasnya.

Sementara, Ketua RT 02 RW 01 Zailani sekaligus ketua panitia lomba sampan ketinting di kampung Tua Patam Lestari, mengatakan kegiatan ini digelar sebagai ajang silaturahmi antar sesama masyarakat Nelayan. Yang diikuti sebanyak 20 peserta.Dengan dua kategori lomba yaitu underbone dan standard nelayan.

BACA JUGA:   Dua Kali Gagal, Mourinho-Bale Akhirnya 'Jadian' Juga

“Lombanya cuma diselenggarakan satu hari saja. Tujuannya untuk silaturahmi, menyatu dapat berbaur antara yang satu dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Harapan Zailani, sebagai ketua RT 02 RW 01 Patam Lestari, lomba sampan ketinting semakin maju serta menjadi ikon bisa dilirik banyak orang.

Dikatakan Zailani, memang lomba samapan ketinting ini dilaksanakan 3 bulan sekali. Disupport sejumlah donatur dari ketua masyarakat nelayan di Patam, masyarakat yang kami gabungkan.”Harapan kita bisa menjadi ikon pariwisata Batam,” terangnya.

BACA JUGA:   Baim Wong Jadi Selebriti Media Sosial Terinspiratif di HUT Insert ke-17

Lomba yang dibuka resmi anggota DPRD Kota Batam David. Serta sejumlah warga yang ikut meramaikan untuk menonton lomba ketinting.

Adit salah satu warga patam lestari, mengatakan sampan ketinting merupakan perahu yang sering digunakan untuk melaut. Dan uniknya sampan ketinting tanpa kemudi. Hanya badan tekong sebagai kemudi. Harus tekong yang mahir dapat menggunakan sampan ketinting tersebut.

“Lomba ini sering digelar di Kampung Tua Patam Lestari, ini merupakan agenda tahunan yang hampir setiap bulan diadakan,” tutupnya.(lin)