Indonesia Gandeng Inggris Buat Kapal Perang Canggih Jenis Frigate yang akan Buat China Gemetar

BATAMCLICK.COM, Jakarta – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang juga Ketua Harian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Inggris untuk membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140.

Pemerintah Indonesia dan Inggris sepakat memperkuat kerja sama pertahanan. Salah satunya dengan menyepakati kerja sama pembangunan kapal perang canggih buatan Inggris di PT PAL Surabaya, Indonesia.

Hal ini sekaligus untuk menjawab ancaman kapal perang China di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau (Kepri)

“Frigate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang,” kata Dasco dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Dasco, Frigate adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini.

BACA JUGA:   Seorang Suami Kejar Istrinya Sambil Acungkan Parang

Arrowhead 140 dipersenjatai dengan rudal-rudal antipesawat, juga torpedo anti-kapal selam, yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut.

Kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar-jemput personel maupun misi penyelamatan SAR search and rescue.

Kedua negara, kata Dasco, menyepakati agar angkatan laut Indonesia dan Inggris segera mengoperasikan kapal fregat yang sama.

Kapal fregat merupakan sebuah tipe kapal perang yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Dasco mengatakan kerja sama ini akan menciptakan ratusan kapal Frigate. Dia yakin, adanya kapal itu akan membuat China takut berkeliaran di Indonesia.

BACA JUGA:   Tiga Warga Keracunan Gadung, Satu Tewas

Disebutkan bahwa kapal perang canggih buatan Inggris akan dibangun di Indonesia dengan kerja sama antara Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan, dan keamanan yang berbasis di Inggris, dengan PT PAL Indonesia (Persero), badan usaha milik negara yang membangun dan memelihara kapal untuk penggunaan militer dan komersial yang berbasis di Surabaya.

“Angkatan Laut Kerajaan Inggris memberikan alih teknologi kepada PT PAL, produsen kapal laut Indonesia, untuk bisa memproduksi ratusan, bahkan ribuan Frigate canggih ini.” ujarnya.

“Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat Frigate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wira-wiri di lautan Natuna lagi,” lanjut Dasco.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh pihak Babcock dan PT PAL Indonesia di London pada Kamis (16/9) waktu setempat.

BACA JUGA:   Kapolda Sumut Instruksikan Personel Berantas Narkoba di Pulau Nias

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto bersama Menteri Pertahanan Inggris RT Hon Ben Wallace MP menyaksikan penandatanganan tersebut.

Sumber: BATAMTODAY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *