Lanal Batam Melaksanakan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2

Batamclick.com, Batam – Prajurit pangkalan TNI AL (Lanal) Batam melaksanakan uji terampil Glagaspur P1 dan P2. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 8 Sept – 9 Sept 2020 bertempat di Mako Lanal Batam.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Lanal Batam, Letkol Laut (P) Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si, melalui Palaksa Lanal Batam Letkol Laut (P) Didik Hermawan,M.
Didik juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 merupakan sarana bagi setiap prajurit untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, baik individu maupun ditingkat satuan. 

BACA JUGA:   BP Batam Jalin Kerja Sama dengan BSSN

” Pelatihan ini rutin di laksanakan setiap tahunnya untuk meningkatkan kemampuan dan harus dibina, dikembangkan secara terprogram serta berkesinambungan. Dalam pelaksaannya Lanal Batam mengikut sertakan Tim Kolat dari Koarmada 1 sebagai penguji,” terang Didik, Jumat (18/9/2020).

Dikatakan Didik, melalui uji terampil Pangkalan diharapkan adanya saran dan masukan dari Tim Kolat Koarmada I agar Lanal Batam dapat mewujudkan kesiapan pangkalan yang sesuai dengan standart kesiapan Pangkalan TNI AL pada umumnya.

Danpuslat kaprang Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Suhartaya mengatakan bahwa Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 merupakan progam TNI AL yang dilakukan di setiap pangkalan diseluruh indonesia, dengan melakukan uji petik disetiap pangkalan, terhadap kemampuan dasar setiap pangkalan agar tetap terjaga dan bisa melakukan funsinya dgn baik.

BACA JUGA:   Patut Ditiru, Isdianto-Ansar Sarapan Bareng

” Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kemampuan dasar prajurit dan satuannya,” ujar Suhartaya kepada Batamclick.com usai kegiatan pelatihan Glagaspur.

Lanjut Suhartaya, Uji Terampil Glagaspur Tingkat I/P1 dititikberatkan kepada kesiapan perorangan dan kelompok didalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing dalam melaksanakan tugas. Sedangkan Uji Terampil Glagaspur Tingkat II/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kompetensi, Pegawai BUBU Hang Nadim Ikuti Diklat

Adapun materi yang diujikan antara lain PDD Khas TNI AL, Ujian Tulis, Bongkar Pasang Senjata, Menembak, Pertahanan Pangkalan (Hanlan), dan Pengendalian Huru Hara (PHH).

Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan,” tutup Suhartaya.