Bertugas di TMMD Reguler Brebes, Babinsa Dorong Warga Ber-KB

Brebes – Serda Ariyanto, Babinsa Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713 Brebes, juga melakukan penyuluhan KB Kes di sela-sela kesibukannya di pekerjaan pembangunan akses jalan Pra TMMD Reguler 109 Brebes, kepada ibu-ibu Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jumat (18/9/2020).

Dijelaskannya, apa yang dilakukan itu guna memotivasi agar ibu-ibu usia subur ber-KB untuk menjarangkan kelahiran.

BACA JUGA:   Babinsa Bumiayu Brebes Pastikan Tak Ada Satgas TMMD Yang Tinggalkan Hutang

“Saya dorong Ibu-ibu Kalinusu untuk ber KB karena cukup tinggi pertumbuhan penduduk dalam satu keluarga,” ungkapnya.

Dijelaskannya lanjut dari data desa, dari total penduduk Kalinusu yang berjumlah 8.448 jiwa (2.664 KK), terdapat 67 Balita gizi buruk dan 1 Balita stunting.

Menurutnya, dengan jumlah penduduk tersebut dalam kepadatan 3,23 jiwa/kilometer persegi, jelas menjadi persoalan tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan ekonomi keluarga.

BACA JUGA:   Komunitas Gowes Bumiayu Jajal Jalan Hasil TMMD Reguler Brebes

Itu merupakan pekerjaan rumah bersama yang harus segera dicarikan solusinya. Pertumbuhan dalam keluarga tak terlepas dari banyaknya pernikahan dini, serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk KB.

“Program KB harus terus kita dorong karena mayoritas mata pencaharian penduduk adalah petani dan buruh tani, sehingga pengetahuan tentang manfaat KB harus terus disosialisasikan guna mencegah pertumbuhan Balita baru,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Pintu Rumah Wahrun Terbuka 24 Jam Bagi Mantan Satgas TMMD Reguler Brebes

Ditambahkannya, penyuluhan dadakan secara door to door tentang dua anak cukup, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga sehingga anak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Apa yang dilakukan Babinsa tersebut merupakan upaya membantu dinas terkait guna menekan laju pertumbuhan penduduk mulai dari pinggiran atau lingkup desa. (Aan/Red)