Anggaran PEN Bisa Terserap 100% hingga Akhir Tahun?

BATAMCLICK.COM, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara hingga pertengahan September realisasi anggaran PEN sudah mencapai 36% dari total pagu Rp 695,2 triliun. Bisakah hingga akhir tahun ini terserap 100%

“Kalau sudah 36%, apakah mungkin mencapai 100%? Sangat mungkin, karena beberapa program sudah dibayarkan secara bulanan,” ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam diskusi virtual, Sabtu (19/9/2020).

BACA JUGA:   Heboh Poster Irish Bella Tanpa Hijab, Ini Penjelasannya

Dia menyebutkan misalnya bantuan sosial untuk mendorong daya beli masyarakat melalui program keluarga harapan (PHK) atau kartu sembako setiap bulannya. Selain itu kini program Kartu Prakerja yang masih berjalan dan belum dibayarkan ke penerima.

Sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan realisasi Program Kartu Prakerja hingga 17 September 2020 adalah terdapat >26 juta pendaftar dari 514 Kabupaten/Kota; >4,68 juta penerima Kartu Prakerja; 2,39 juta peserta menyelesaikan pelatihan; dan 1,45 juta peserta telah menerima insentif.

BACA JUGA:   Pengen Ekonomi Cepat Meroket, Jokowi Ajak Semua Pihak Bersatu

Selain itu, dalam upaya transformasi ekonomi, RUU Cipta Kerja terus didorong sebagai kebijakan yang sangat strategis. RUU ini ditujukan untuk mampu memulihkan dan memperbaiki perekonomian nasional, terutama pada masa pandemi dan pascapandemi COVID-19.

“RUU Cipta Kerja sedang dalam pembahasan di DPR RI. Pemerintah berharap bisa mengurangi obesitas di regulasi dan memperbaiki iklim penciptaan lapangan pekerjaan. Tentunya juga dengan timing yang tepat, diharapkan ekonomi bisa pulih dan investasi bisa kembali masuk ke tanah air,” ujar dia.(abc)

BACA JUGA:   Jovic Dituntut Sanksi Penjara 6 Bulan

Sumber: detikcom