Sri Mulyani Mengaku Sudah Siapkan Angggaran Jika RI Lockdown

BATAMCLICK.COM : Jumlah pasien positif di Indonesia terus bertambah. Di beberapa negara terdampak seperti Italia, China, Prancis, Denmark, Filipina, Irlandia bahkan Malaysia telah telah menerapkan langkah lockdown untuk wilayah-wilayah yang dianggap sebagai pusat atau episentrum persebaran Virus Corona.

Pemerintah pun pada hari ini belum memilih opsi lockdown. Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku siap menyediakan anggaran jika nantinya pemerintah mengambil langkah lockdown.

“Pasti disiapkan (anggarannya). Kalau BNPB memutuskan isolasi, pasti sudah dipikirkan juga gimana supporting growth, bahkan sampai masalah ke desa, dimana pemukiman cukup padat sehingga social distance sulit,” katanya di Jakarta, kemarin.

Menurut Menkeu, pemerintah akan mempertimbangkan semua opsi dalam menangani penyebaran Virus Corona. Namun, jika lockdown akan ditempuh pemerintah, dirinya akan tetap mendukung dengan memastikan sumber daya akan tercukupi, mulai dari kebutuhan pokok hingga logistik.

“Kita posisinya terus dukung, jangan sampai kekurangan resources. Masalahnya bukan uang, tapi SDM untuk logistic delivery, bagaimana menyampaikan kebutuhan pokok mereka supaya bisa dapatkan kebutuhan pokok. Ini jadi pusat perhatian dari gugus tugas,” lanjutnya.

Di sisi lain, Menkeu juga akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemerintah daerah dalam hal penanganan Virus Corona. Hal tersebut bertujuan demi mencegah penyebaran Virus Corona yang kian meluas.

“Jadi leadership masing-masing pemerintah daerah penting untuk meminimalisir terjadinya penularan dan menciptakan mekanisme respons yang efektif,” tambahnya. []


Sumber : akurat.co