1 Warga Sembuh dan 3 Warga Pasbar Dirawat Di RS Akibat Penyakit DBD.

BATAMCLICK.COM, PASAMAN BARAT – Empat orang warga Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan Satu orang dinyatakan sembuh.

“Benar, ada empat orang warga Ophir yang terjangkit DBD, yakni tiga orang dirawat di Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Simpang Empat dan satu orang lagi sembuh dari penyakit DBD,” kata Kadis Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Jon Hardi kepada Batamclick.com di Simpang Empat. Kamis (18/6/2020).

“Hari Senin, 15 Juni 2020, kita mendapatkan informasi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Jambak Pasaman Barat, ada satu orang warga Ophir jenis kelamin perempuan usia 20 tahun, sembuh dari penyakit DBD,” katanya.

Hari Selasa, 16 Juni 2020, kita melakukan penyelidikan Epidemiologi (PE) dan penyuluhan ke tempat lokasi rumah warga terjangkit DBD.

Jon Hardi menambahkan, semalam kita dapat laporan lagi bahwa ada penambahan kasus DBD sekitar tiga orang dan langsung dirawat ke RS Ibnu Sina Simpang Empat.

“Hari ini kita kembali melakukan penyelidikan dan penyuluhan di tempat lokasi dan ditemukan jentikan nyamuk, untuk itu besok pada hari Jum’at kita langsung melakukan gotong royong bersama masyarakat membersihkan lingkungan setempat,” sebutnya.

“Selanjutnya Pada hari Sabtu, 20 Juni 2020, kita akan melakukan fogging (pengasapan) ke tempat lokasi,” katanya.

“Himbauan kepada masyarakat agar selalu membersihkan dan menjaga lingkungan dari jentikan nyamuk,” harapnya.

(Septria Rahmat)