Cara Aman Saat Pergi Berbelanja Tuk Cegah Penyebaran Virus Corona

BATAMCLICK.COM : Merebaknya Virus Corona COVID-19 di Indonesia, telah mengharuskan masyarakat di Tanah Air untuk tidak beraktivitas ke luar rumah untuk sementara waktu.

Namun, memenuhi kebutuhan pokok dan berbagai barang lainnya memang sulit untuk dihindari, selagi kegiatan berbelanja ke supermarket ataupun pasar masih diperbolehkan.

Untuk itu, ada Tips aman saat Kamu hendak berbelanja ke pasar dan supermarket agar terhindar dari paparan Virus Corona COVID-19, berikut di antaranya:

Buat daftar belanjaan dahulu

Sebelum Belanja ke pasar atau supermarket selama pandemi Virus Corona, ada baiknya Kamu melihat persediaan barang yang ada di rumah terlebih dahulu. 

Catat dan daftarkan produk-produk apa saja yang tidak ada dan memang harus dibeli selama masa social distancing atau jaga jarak aman seperti saat ini, agar Kamu tak lagi memakan banyak waktu ketika berada di supermarket atau pasar.

Kenakan masker dan sarung tangan

Meskipun diperuntukkan untuk orang yang sakit, memakai masker penutup hidung dan mulut terasa perlu saat Kamu berada di tempat rawan seperti pasar atau supermarket, tapi ini tidak diwajibkan.

Namun, memakai sarung tangan adalah salah satu cara melindungi diri paparan virus saat mengambil beragam produk dan bertransaksi ketika berbelanja.

Hindari binatang yang dijual di pasar

Jika Kamu berbelanja di pasar, hindari memegang binatang yang dijual hidup, ataupun binatang liar. Hal ini merupakan salah satu Tips penting dari badan kesehatan dunia (WHO) untuk menghindari corona saat berbelanja.

Segera cuci tangan apabila memegang produk binatang

Cuci tangan setelah memegang produk-produk dari binatang, seperti daging menjadi langkah pencegahan yang tak boleh dianggap sepele. Untuk perlindungan ekstra, Kamu dapat menggunakan hand sanitizer setelah cuci tangan minimal 20 detik dengan sabun dan air mengalir.

Hindari tangan memegang wajah

Tips aman saat Belanja di supermarket atau pasar adalah menghindari tangan memegang wajah. Hindari tangan menyentuh bagian-bagian vital, seperti mata, hidung, dan mulut yang mana tindakan tersebut dapat menularkan Virus Corona.

Langsung lepas masker dan sarung tangan saat sampai di rumah

Agar tak memaparkan bakteri dan virus setelah Belanja di supermarket atau pasar, segera lepas masker dan sarung tangan sesampainya di rumah. Untuk lebih aman, buang alat perlindungan diri tersebut di tempat sampah di luar rumah demi menjauhkan Virus Corona dari keluarga.

Kalau perlu ganti pakaianmu dan kembali terapkan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik.


Sumber : akurat.co