Pra TMMD Reguler Brebes di Kalinusu Bumiayu, Pekerjaan Talud Terus Digeber

Brebes – Kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, untuk membangun infrastruktur umum masyarakat khususnya ke Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang selama ini terisolasi dari desanya, telah dimulai sejak 15 Agustus 2020 lalu.

Sasaran fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter cukup panjang, sehingga TMMD Reguler yang akan dibuka 21 September 2020 nanti (30 hari) harus menyelesaikan jalan dan sarana pendukungnya berupa talud, plat deker dan gorong-gorong, sehingga pekerjaan pendahuluan/Pra TMMD dilakukan untuk mengantisipasi rentang waktu program tersebut.

Tampak para teknisi bangunan Kodim Brebes bersama warga setempat bahu membahu bergotong royong menggarap pembangunan talud yang membentang di areal persawahan Dusun Karanganyar menuju Dusun Kedung Kandri. Senin (14/9/2020).

“Beberapa sasaran fisik terprogram sudah mulai digarap, yakni pekerjaan talud di kanan-kiri jalan dengan volume 2,7 kilometer setinggi 0,5 – 1,5 meter, pekerjaan 3 unit plat deker, serta gorong-gorong 1 unit sepanjang 4 meter dengan lebar 1 meter,” jelas Danramil 08 Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi.

Jupriadi menambahkan, sudah beberapa hari ini pendistribusian material ke lokasi pekerjaan sasaran fisik tersebut terus dilakukan.

“Selain pembangunan talud, pekerjaan plat deker kedua sudah kita mulai dengan bantuan warga yang sangat antusias. Kami mohon doa agar cuaca terus bersahabat sehingga pekerjaan diharapkan tercapai 50 persen sebelum TMMD Reguler dibuka,” tandasnya. (Rusg/Aan/Red)