Serial Brewok: Teks Proklamasi Ilang!

Halo semuanya, apa kabar sodara-sodara guwe sebangsa tanah dan sebangsa aer? Sudah masuk bulan Agustus neh, biasanya, kalo bulan Agustus bakal banyak banget lomba ya? Tapi yeahh..gara-gara koronces, kayaknya beragam acara asoy mulai dari balap karung, makan krupuk hingga panggung karaoke bakal gak ada ya… Tapi ya sutra lah yauw, namanya lagi musim penyakit, ya mohon dimaklumi.

Ngemengin soal bulan Agustus, tadi siang itu si Gendon dapat tugas dari gurunya lewat hape.

Entah pejaran apaan, guwe juga enggak tau. Intinya, si bu gurunya Gendon nanya, siapa yang nandatangani teks proklamasi?

”Siapa pi yang tanda tangan?” si Gendon muter-muter di kakinya si Brewok sambil megangin hape.

Ditanya begitu, si Brewok cuman garuk-garuk kepala bingung.

BACA JUGA:   BRI Siapkan UMKM Go Global Lewat BRIncubator

”Entah ya, coba tanya mamimu, mungkin mamimu yang nanda tangani tuh teks.” ujar Brewok.

Lalu si Gendon pun lari ke dapur, namun nggak lama kemudian, si Mutil bersuara.

”Aduh Gendon, mami enggak tau deh. Teks apaan sih?” si Mutil suaranya terdengar bingung.

”Aduh..cepetan Mi, bu guru udah nanya lagi, kok Gendon belom ngumpulin jawabannya,” ujar Gendon mulai merengek.

”Coba diingat-ingat sama Gendon, tuh teks ditaruh di mana? Entar bisa ketahuan yang tanda tangan siapa.”ujar Mutil.

”Aduh…bentar lagi bu guru marah deh, kalau Gendon enggak segera menjawab. Ayo lah mami…bantuin Gendon jawab,” Gendon menarik-narik tangan Mutil yang lagi nyuci piring.

”Ya udah, bilang ke bu guru, kalau teks nya ilang. Gitu aja kok repot…” kata Mutil.

BACA JUGA:   Brad Binder Tercepat di FP2 MotoGP Emilia Romagna

”Kok ilang?” Gendon protes.
Lantas Mutil melihat sejenak ke arah Gendon, lalu ia sibuk mencuci piring lagi.

”Makanya, lain kali, kalau bu guru ngirim teks untuk ditandatangani itu, ya segera dikasihkan ke papi atau mami, lha kalau sekarang baru dicari ya mami nggak tau tuh teks di mana nyumputnya,” Mutil ngomong panjang lebar.

Gendon berjalan lagi ke arah teras dengan bibir manyun-manyun, alisnya sudah jadi satu.

”Mami enggak tau juga, Pi.” Gendon ngadu ke bapaknya.

Kebetulan, pas Gendon ke luar dari dalam menuju teras, si kampret lagi memasuki pekarangan rumahnya Brewok.

”Napa Ndon?” tanya Kampret.
Tapi yang ditanya diem nggak menjawab, mulutnya cuman komat-kamit kayak mbah dukun lagi merapal mantra.

BACA JUGA:   Viral Akan Sebar Covid-19, 4 Warga Semarang Dijemput Satgas

”Itu, bu gurunya nanyain teks proklamasinya ditandatangani siapa. Bingung Gendon, karena teksnya ilang kali…, dicari-cari enggak ketemu.” Brewok malah yang menjawab.

”Ilang ya…,” Kampret ngangguk-ngangguk.

”Iya, Dan bu guru lagi nungguin Gendon sekarang.” ujar Brewok.

”Halah..nggak usah pusing.” kata Kampret.

“Sini, kata Kamrpret lagi, O’om bikinnin surat minta maaf ke bu guru, nanti o’om Kampret bilang ke bu guru, bahwa teksnya ilang, jadi belum sempat ditandatangani papi atau mami Gendon. Biar bu guru bisa ngirim teks proklamasi lagi. Kalo perlu O’om nanti yang tanda tangan.” Kampret terlihat bangga sudah menemukan solusi.
Huffftt..beginilah efek dari manusia-manusia nggak pernah makan bangku sekolah. Huffttt(santo sapi)