Hands-On Samsung Galaxy S20: Ini Spesifikasi, Harga dan Keunggulannya! Kata kuncinya adalah “momen”

Batamclick.com :

Verified

Pada pergelaran Samsung Unpacked 2020 di San Francisco, Amerika Serikat, yang ditayangkan sekitar pukul 2 pagi WIB, Samsung mengumumkan segelintir produk baru yang siap menggetarkan pasar ponsel cerdas dunia:

• Samsung Galaxy S20, S20+, dan S20 Ultra, serta

• Samsung Galaxy Z Flip.

Pada hari ini, IDN Times berkesempatan untuk menjajal salah satu produk Samsung yang akan segera hadir di Indonesia, Samsung Galaxy S20.

Sudah tidak sabar menunggu spesifikasi resminya? Without further ado, let’s check it out.

1. Dapur pacu yang “edan”

Hal pertama yang akan dibahas pada unit S20 adalah jeroannya yang tidak main-main. Untuk operating system (OS), Galaxy S20 mendapatkan Android 10!

Untuk chipsetnya, S20 dilengkapi oleh produknya sendiri, Exynos 990. Untuk versi Amerika, S20 dibekali dengan SnapDragon 865. Sementara, untuk memorinya sendiri, S20 akan menyediakan tiga opsi:

Untuk S20:

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 128GB penyimpanan internal

• 8GB RAM (LPDDR5) dengan 128GB penyimpanan internal

Untuk S20+:

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 512GB penyimpanan internal

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 256GB penyimpanan internal

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 128GB penyimpanan internal

• 8GB RAM (LPDDR5) dengan 128GB penyimpanan internal

Untuk S20 Ultra:

• 16GB RAM (LPDDR5) dengan 512GB penyimpanan internal

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 256GB penyimpanan internal

• 12GB RAM (LPDDR5) dengan 128GB penyimpanan internal

Untuk processor-nya, S20 memiliki octa-core: 2.73 GHz Mongoose M5 (2x), 2.60 GHz Cortex-A76 (2x), dan 2.0 GHz Cortex-A55 (4x).

Mana suaranya, para gamers?

2. Konektivitas yang mendukung spektrum 5G

Dokumentasi Samsung

Bukan rahasia jika dunia sudah mulai mengalihkan perhatiannya dari spektrum 4G ke 5G. Akan tetapi, Indonesia masih dalam tahap mengembangkan spektrum jaringan 5G.

Senior Professional of Product Management Samsung Electronics, Verry Octavianus, mengkonfirmasi hal tersebut, seraya mengatakan bahwa seri S20 yang datang ke Indonesia masih mengusung konektivitas 4G LTE.

Akan tetapi, jika suatu saat Indonesia telah memeluk konektivitas 5G, maka pengguna seri Samsung Galaxy S20 sudah diuntungkan dengan hal tersebut. Dengan kata lain, enggak usah ganti HP lagi.

3. Layar yang bukan main resolusinya

Dokumentasi Samsung

Ini adalah kabar gembira lainnya bagi para mobile gamers.

S20 mengusung layar AMOLED 2.0 dengan refresh rate sebesar 120 Hz, sehingga memastikan pengalaman bermain gim yang lebih lancar dan tidak perlu takut pada latency, tutur Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan.

Taufiq juga membeberkan bahwa layar AMOLED 2.0 yang menjadi “muka” S20 akan memiliki touch sensitivity yang dua kali lipat lebih daripada pendahulunya.

Selain itu, S20 juga memasang layar Infinity O, yaitu layar yang hampir bezel-less.

Sebagai catatan, Samsung juga tengah bekerja sama dengan Microsoft untuk meluncurkan gim balap Forza Street secara perdana di Galaxy Store pada musim semi mendatang.

Dibantu dengan 120 Hz refresh rate, pastinya kamu dapat merasakan sensasi di sirkuit balap dalam Forza Street.

Jika kamu suka menonton video YouTube, selain ditemani dengan koneksi 5G yang super cepat, kamu juga dapat menikmati resolusi layar HDR+10 yang mendekati FHD! Seperti nonton di TV mini.

4. Kamera yang lebih tajam dari silet, lebih cerdas dari DSLR

Inilah fitur yang ditunggu-tunggu pembahasannya.

“Apakah S20 dapat menghasilkan kualitas gambar yang jernih?”

Tidak perlu khawatir. Seri S20 mengusung konsep empat kamera (kecuali model S20 biasa yang hanya dibekali tiga kamera) dan kamera swafoto di dalam punch hole-nya. Akan tetapi, daya tarik S20 terletak pada kamera belakangnya!

S20 Ultra dibekali dengan lensa ultra-wide setajam 12 MP, lensa wide-angle setajam 108 MP, dan lensa telephoto dengan fitur PDAF setajam 48 MP.

Selain itu, kamera S20+ dan S20 Ultra juga mengusung DepthVision pada kameranya.

Bagi yang belum pernah mendengar DepthVision, itu adalah kamera dengan sensor kamera dan sensor inframerah. Bagi kamu yang suka foto portrait, DepthVision akan sangat berguna untukmu!

“A picture speaks more than a thousand words.”

Sering mendengar kalimat ini? Tidak perlu susah-susah untuk mengabadikan gambar dan video dalam waktu bersamaan. Dengan fitur Single Take, kamu tidak hanya dapat mengabadikan momen lewat gambar, namun, S20 juga melakukan hal lebih seperti merekam video dengan kualitas terbaik agar bisa kamu simpan.

Semuanya di satu momen yang sama.

5. Dapat memperbesar hingga ke pori-pori

Eits! Kami belum selesai mengenai kamera S20 yang bisa dibilang akan menjadi cikal bakal teknologi kamera ponsel cerdas di masa depan.

Kami tidak lebay. Kamera S20 mampu memperbesar objek hingga 100x! Samsung benar-benar all-out saat mengembangkan kamera dengan memasukkan fitur Hybrid Optic Zoom, Super Resolution Zoom, serta digital zoom berbasis kecerdasan buatan (AI).

Apakah terdengar mubazir? Tidak juga. Taufik menyarankan jika kamu adalah penggemar konser atau sering pergi ke sebuah pertunjukan atau pertandingan olahraga, S20 adalah jawaban bagi kamu yang tidak rela rogoh kocek untuk beli kamera DSLR.

Tinggal zoom, cekrek, dan hasilnya memuaskan!

“Eh, tapi gambarnya tidak pecah? Kan biasa gambar pecah kalau di-zoom.”

Pertanyaan yang bagus. Samsung menyelesaikan permasalahan tersebut dengan lensa lipat berbasis AI dan multi-image processing sehingga kualitas gambar yang di-zoom tidak akan terpecah.

Namun, perlu dicatat, hanya S20 Ultra yang menyediakan fitur 100x zoom. Sedangkan S20 dan S20+ hanya mampu memperbesar objek hingga 30x.

Jangan kecewa, hasilnya akan tetap instagrammable!

6. Rekam video hingga 8K

“Enggak salah, tuh? 8K? 4K kali.”

Kamu tidak salah baca, kok. S20 memang dibekali dengan kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 8K! Setajam-tajamnya 4K, pastinya lebih tajam 8K. Dengan fitur pengambilan video ini, kamu dapat menangkap momen sama seperti melihatnya dengan kedua bola matamu sendiri.

Artinya? JERNIH BANGET, GAIS! Fakta menarik, saat Galaxy Unpacked 2020 tadi subuh, President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, Tae Moon Roh, mengambil S20 dari seorang juru kamera untuk menutup sesinya.

Ternyata, seluruh sesi tersebut direkam dan ditayangkan ke seluruh dunia melalui… SAMSUNG GALAXY S20!

Saat tengah merekam video 8K, kamu juga tetap dapat mengambil gambar dengan resolusi yang hampir setajam video itu, lho.

Berkat kamera berbasis AI yang dilengkapi oleh fitur Super Steady, anti-rolling stabilization, dan motion analysis, kamu dapat menangkap video kejar-kejaran yang super cepat, seperti anjing mengejar kucing, dengan lancar.

Berikut peragaan video resolusi 8K yang diambil dengan S20.

Pastinya, jika kamu seorang YouTuber, kamera S20 ini dapat menjadi pilihan nomor satu.

Selain fitur merekam video setajam 8K, Samsung juga bekerja sama dengan YouTube. Hal tersebut memungkinkan mereka yang ingin mengunggah video mereka ke YouTube dengan cepat, meskipun resolusi dan ukuran file-nya besar.

Tentunya, hal ini akan bisa dirasakan secara lebih signifikan bila kamu berada di jaringan 5G. Jadi, mohon sabar menunggu.

7. Baterai yang super cepat

Dokumentasi Samsung

Bukan ponsel cerdas namanya jika tidak mengusung fitur terkini seperti fast-charging dan wireless charging. Seri S20 menghadirkan kapasitas baterai secara bertahap. Maksudnya, S20 memiliki 4.000 mAh, S20+ memiliki 4.500 mAh, dan S20 Ultra memiliki 5.000 mAh.

Memang berbeda soal kapasitas, namun sama soal fitur. Seri S20 dibekali dengan fitur fast-charging: 25W untuk S20 dan S20+, serta 45W Super Fast Charging untuk S20 Ultra.

Selain wireless, S20 juga dilengkapi dengan fitur PowerShare, fitur yang dapat membuat S20 menjadi “power bank” untuk perangkat yang memiliki Qi Wireless Charging. Kalau Samsung, pastinya, hampir semua unitnya mendukung fitur PowerShare, lho

8. Fitur lainnya

juga dilengkapi dengan dua opsi SIM:

• Single SIM: satu slot untuk nano SIM dan satu micro SD

• Dual SIM: dua slot untuk nano SIM dan satu untuk micro SD

Untuk fitur keamanan, kamu tidak perlu khawatir, karena Samsung bekerja sama dengan Knox, salah satu perusahaan teranyar dalam bidang keamanan siber gawai.

Oleh karena itu, S20 dilengkapi denga fitur keamanan biometrik seperti pemindai wajah dan sidik jari. Pemindai sidik jarinya pun bukan terletak di belakang, di samping, atau di depan. Melainkan di dalam layar!

Untuk para pecinta audio, S20 mendukung hampir seluruh format audio, dari MP3 hingga DFF! Pastinya, suara S20 akan terdengar merdu baik dengan speaker atau headphones setelah dirancang langsung oleh salah satu perusahaan audio terkemuka di dunia, AKG dan Dolby!

9. Harga seri S20

Akhirnya, setelah mengobrak-abrik spesifikasi resmi dari S20, kamu pastinya penasaran dengan harga yang akan dipasang untuk S20.

Baiklah! Inilah harga resmi untuk seri S20, S20+ dan S20 Ultra:

• S20 (Cosmic Grey, Cloud Blue, Cloud Pink): Rp13 juta

• S20+ (Cosmic Grey, Cloud Blue, Cosmic Black): Rp14,5 juta

• S20 Ultra (Cosmic Grey, Cosmic Black): Rp18,5 juta

Terdengar mahal? Jangan khawatir, sebut Verry. Bagi mereka yang ingin pre-order (PO), Samsung menyediakan opsi PO & tukar tambah (trade-in).

“Apa bedanya?”

Taufik memberikan contoh yang menarik. Seandainya, jika kamu ingin tukar tambah S9mu dengan S20 Ultra, kamu hanya tinggal menambah Rp14,5 juta. Dengan kata lain, S20 Ultra dibandrol seharga S20+!

Belum lagi, Samsung juga menerima cicilan 0 persen dan cashback bank hingga Rp1 juta.

“Samsung benar-benar tega!”

Itulah spesifikasi resmi dan harga untuk seri S20 di Indonesia. Apakah kamu siap untuk menjadi yang pertama memegang S20 di Indonesia?

Sumber : Idn Times