Turis Susah Jaga Jarak, Brasil Maju Mundur Buka Wisata Pantai

BATAMCLICK.COM, Panta-pantai di Rio de Jeneiro dibuka lagi dalam waktu dekat. Tapi, pemerintah kota masih berhitung potensi turis-turis bandel yang mengabaikan virus Corona.

Rio de Janeiro sempat membuka pantai-pantainya untuk warga dan turis pada 31 Juli 2020 setelah ditutup sejak Maret. Saat itu, pemerintah kota sudah wanti-wanti agar pengunjung menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, cuma berenang yang diizinkan, sedangkan berjemur dilarang.

Tapi, fakta di lapangan menunjukkan turis dan warga santai saja berkerumun tanpa menjaga jarak di pantai, termasuk di Pantai Copacabana dan Ipanema, baik mereka yang berjemur atau melakukan olahraga tim.

BACA JUGA:   Penipu Kaesang Jokowi Dibekuk

Walikota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella, pun menutup kembali kawasan pantai. Dia tak ingin mengambil risiko besar penularan wabah virus Corona.

Dia bahkan menyebut hanya akan membuka wisata pantai setelah vaksin virus Corona ditemukan.

Dalam prosesnya, Crivella melunak dan berencana untuk membuka pantai lagi. Dia sih belum bicara detail waktu pembukaan pantai-pantai itu.

Pemerintah kota juga mematangkan rencana untuk membuka lagi wisata pantai di Rio de Janeiro namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Beberapa wacana yang dikemukakan adalah wisatawan bisa berenang, bukan berjemur, kegiatan olahraga individu, dan pembatasan jumlah wisatawan ke pantai-pantai di kota itu.

BACA JUGA:   Jual Celana Dalam Bekas, Bentuk Protes Dinar Candy Terhadap PSBB

Reuters menyebut aktivitas berkelompok tetap bisa dilakukan, namun dibatasi pada hari-hari tertentu. Yakni, cuma pada Senin dan Jumat.

Pembatasan juga diberikan kepada kedai-kedai di sepanjang pantai di Rio de Janeiro. Kedai makanan dan minuman cuma bisa kembali beroperasi dan menjual makanan dan minuman, namun tidak yang beralkohol.

“Orang-orang bisa menempati zona yang ditandai di pantai-pantai di Rio de Janeiro tergantung kapan mereka tiba dan telah melakukan reservasi lewat app,” kata Wali Kota Rio de Janeiro Marcelo Crivella seperti dikutip Reuters.

BACA JUGA:   Chanyeol & Irene Terpilih Jadi Duta Perwakilan Korea untuk Prada

“Ide itu demi memudahkan kami untuk mengatur ayang tak bisa bisa kami lakukan saat ini,” dia menambahkan.

Brasil memang sudah membuka wisata untuk orang asing sejak 29 Juli setelah empat bulan ditutup. (mat)

sumber: detik.com