Icha, Wanita Muda ini Mulai Menaklukkan Dunia Pelayaran

Batamclick.com, Batam – Nama Lisa Yulia tidak asing lagi di dunia bisnis perkapalan dan Pelayaran, terutama dikalangan pengusaha Muda.

Tak Heran jika Mantan CEO Bias Mandiri Group ini memberanikan diri untuk membuka bisnis Pelayaran Keagenan Kapal di tengah Pandemi Covid 19.

Founder yang juga President Director PT Pelayaran Kencana Global (PKG) sangat menginspirasi bagi anak-anak muda.

Terlihat dari kerja kerasnya belasan tahun, malang melintang dan marasakan asam garam dunia pelabuhan & pelayaran.

Perjalanan karirnya yang cukup panjang, berliku & penuh tantangan, dimulai dari staff bagian penagihan hingga menjadi CEO muda di lima perusahaan ternama di Batam.

Wanita yang hobby traveling ini berani mengambil risiko untuk keluar dari zona nyaman, dan melepaskan jabatan CEO demi membangun bisnisnya.

“Sebelum mendirikan PT Pelayaran Kencana ini, saya pernah gagal dan sempat ingin menyerah untuk tidak buka usaha dan ingin berkarir mencari pekerjaan ke luar negri,” ujar Icha saat dijumpai di kawasan Batam Center, Selasa (12/01/2021).

BACA JUGA:   Aice Group Bersama Ksp Dan Gp Ansor Distribusikan 150 Ribu Masker Di Kota Batam

Namun di tengah situasi yang sulit dikarenakan pandemi 19, kebutuhan hidup dan setelah bergelut dengan keragu-raguan apakah ia bisa mendirikan perusahaan? Akhirnya tidak butuh waktu lama, Lisa yakin dengan pengalaman dibidang keagenan kapal selama 12 tahun, dan menjadikan itu sebagai energi modal untuk meraih kesuksesan.

“Tepat di bulan maret 2020 PT PKG berdiri yang pasti semua berawal dengan support keluarga, semangat, niat, kerja keras dan keyakinan serta komitmen yang teguh, bisnis akan berjalan dengan lancar, Selain diiringi dengan usaha dan doa, saya juga sering mencari motivasi ataupun dorongan untuk bangkitkan semangat berbisnis,” terang Icha sapaan akrabnya.

Dikatakan Icha, bahwa dirinya suka membaca pengalaman-pengalaman tokoh yang telah sukses berbisnis ataupun membaca kata-kata motivasi bangkitkan semangat berbisnis.

Selain itu, Icha mengungkapkan, hubungan baik dengan mitra kerjanya, Bea Cukai, Imigrasi, KSOP Batam, Karantina serta pemerintah terkait setempat menambah kepercayaan dirinya untuk merintis dan memajukan perusahaan ini.

BACA JUGA:   Yumasnur Segera Tambah Koleksi Museum

“Salah satu motivasinya untuk menjadi pengusaha yaitu ingin memiliki financial freedom dan yang pasti ingin menciptakan lapangan kerja agar dapat berguna bagi orang banyak serta menginginkan agar memiliki andil dalam membangkitkan perekonomian kota Batam,” tutur perempuan cantik berdarah minang tersebut kepada Batamclick.com.

Sedangkan untuk para pekerjanya sendiri, Icha tidak mempermasalahkan pengalaman kerja bahkan saya terima yang masih fresh graduate. Karena saya yakin peluang kerja itu bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

Hal tersebut dilakukan Icha, karena dulu Ia pernah merasakan ditolak oleh puluhan perusahaan hanya karena tidak memiliki pengalaman kerja.

“Maka dari itu Icha tidak ingin hal yang sama dirasakan anak anak muda yang baru tamat,” ungkap Icha sambil mengingat masa lalunya.

Menurut saya tidak harus yang berpengalaman, tetapi yang paling utama adalah motivasi, kerja keras, loyalitas dan komitmen terhadap tugas & tanggung jawabnya .

BACA JUGA:   Tensi Masih Tinggi, Wali Kota Batam Belum Divaksin Covid-19

“Alhamdulillah atas doa, kerja keras dan kegigihan serta komitmen yang saya miliki PT PKG sudah memiliki empat cabang yaitu di Tanjung Balai Karimun, Pulau Sambu, Jakarta dan Bali,” ujar Icha.

Icha berpesan kepada seluruh pengusaha muda Indonesia, kususnya Batam, Kepri di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini untuk terus berani melangkah dan mengambil risiko. Selain itu pengusaha muda juga harus terus berinovasi serta mampu beradaptasi dengan kondisi yang sedang terjadi saat ini.

“Sebagai pebisnis, kita harus selalu proaktif. Jangan aktif menunggu kesempatan datang, tapi harus proaktif menjemput bola terhadap peluang-peluang yang ada di depan,” jelas Icha.

Kegagalan bukanlah hal yang harus ditakuti sehingga mengendorkan semangat untuk membangun sebuah usaha, jadikan kegagalan sebagai pembelajaran agar kita menjadi lebih berhati hati lagi, sebab kesuksesan sering kali dapat diraih setelah bangkit dari kegagalan.