𝐊𝐨𝐥𝐨𝐦 𝐒𝐞𝐧𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐁𝐮𝐧𝐝𝐚 𝐌arlin
Langkah Kecil untuk Perubahan Besar

DALAM suatu diskusi, pasti banyak ide berterbangan. Ide-ide cerdas yang memberi banyak dampak ke depannya. Tapi, kalau ide itu hanya berterbangan, tak pernah ditangkap, tak pernah dieksekusi, makanya itu hanya sebuah wacana.

Wacana yang akan menjadi cerita. Cerita sampai ke mana-mana. Karena itu, satu hal yang terpenting adalah mengeksekusi. Walau hanya satu ide, satu gagasan.

Wakil Gubernur Kepulauan RiauHj Marlin Agustina, punya cara tersendiri antara kisah ide dan eksekusi ini. Marlin sepertinya lebih cepat dalam mengeksekusi, bahkan ketika ide itu muncul.

Dalam banyak kesempatan, Marlin selalu bilang lakukan yang ada di depan mata. Kerjakan saat itu juga. Apalagi yang dikerjakan itu memberi dampak bagi lingkungan sekitar.

BACA JUGA:   Tim Wasev Kodam IV/Diponegoro Tinjau Lokasi Rehab RTLH Desa Tamansari

“Tak usah terlaku melihat masa lalu. Jangan mengkhayal tentang masa depan. Kerjakan yang di depan mata.”

Rangkaian kata seperti itu, memang berkali-kali diutarakan Marlin saat bertemu dengan masyarakat. Bahwa kerjakan yang ada di depan mata. Saat itu juga.

Marlin selalu menyebutnya sebagai langkah kecil. Bahwa perjalanan jauh bermil-mil, selalu dimulai dengan langkah kecil. Tentu harus konsisten.

“Melangkah bermil-mil semuanya dari langkah pertama. Langkah kecil. Pelan pelan untuk sampai tujuan,” kata Marlin, ujung pekan kemarin.

Karena itu banyak aktivitas Marlin seperti langkah-langkah kecil yang memberi dampak ke depan.

BACA JUGA:   Anggota Satgas Turut Serta Dalam Kegiatan Karya Bakti Membersihkan Jalan

Seperti langkah-langkah kecil yang dilakukan Main sepanjang pekan lalu. Dirinya bergerak ke Pulau Galang berkali-kali. Ke Pulau Setokok. Juga bergerak ke kesayangan Sagulung, Sei Beduk dan beberapa titik di Kecamatan Batam Kota.

Bahkan, selama empat hari, Marlin mengajak segenap komponen masyarakat untuk memulai langkah-langkah kecil itu dengan berkunjung ke Natuna.

Mulailah dengan langkah kecil. Kerjakan yang ada di depan mata. Harus fokus dan konsisten. (The R Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *