Kemenkeu Belum Alokasikan Anggaran Proyek IKN Baru Selama Pandemi

BATAMCLICK.COM, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan pemerintah tidak mengeluarkan Anggaran untuk proyek Ibu Kota Negara baru atau IKN selama masa pandemi COVID-19.

Ia mengatakan saat ini APBN akan difokuskan untuk penanganan COVID-19. Sehingga tidak akan ada dana atau APBN yang dilimpahkan untuk proyek IKN baru pada 2020 ini.

“Jadi setahu saya tidak muncul-muncul Anggaran bagi IKN sampai sejauh ini, saat ini pemerintah berfokus pada pengananan COVID-19,” ujar Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Brahmantio Isdijoso saat seminar Prodeep di Jakarta, Sabtu (11/7/2020).

BACA JUGA:   Serial Brewok: Teks Proklamasi Ilang!

Selain itu, ia mengatakan sebelum COVID-19, arahan Presiden Joko Widodo telah mengatakan pembiayaan IKN diupayakan untuk tidak membebani APBN.

Pemerintah tetap melanjukan pembangunan fisik IKN baru yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Seperti diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya baru akan memulai konstruksi IKN pada 2021.

“Kami masih dalam tahap perencanaan, yang mana kami masih sedang berfokus pada desain dasar ibu kota baru dan penyusunan undang-undang atau payung hukumnya bersama DPR RI,” kata Basuki Rabu (24/6/2020).

BACA JUGA:   Pemerintah Dorong Sertifikasi Halal Bagi UKM

Berhubung belum adanya hukum dan undang-undang yang memayunginya, maka masih dibahas di DPR. Basuki mengatakan Kementerian PUPR tak mengalokasikan Anggaran pada proyek IKN.(abc) 

Sumber: AKURAT.CO