Serial Brewok: Jorok

Pagi itu, mata ku sebenernya masih ngantuk sodara-sodara. Kepala juga rasanya masih kliyeng-kliyeng, pas ngliat jam di hape, masih jam 8 pagi. Artinya guwe baru tidur 3 jam-an.

Baru aja nih tangan mau mbetulin selimut, nih kuping mendadak langsung mendengar suara si Muti yang cempreng kayak kaleng krupuk dibantingin ke aspal.

”Papii…anakmu ini loh, ya ampun joroknya…!” kata si Mutil dengan suara melengking.

Namun si Brewok yang dipanggil-panggil namanya oleh si Mutil, rupanya enggak terdengar menjawab.

”Gendoon..hih …jorokkk, buang!” sekali lagi, suara Mutil terdengar melengking.

Segera guwe tutupin nih kuping, supaya bisa tidur lagi.

Tapi ishh.. dah bolak-balik nih badan, tetep aja suara Mutil, kadang-kadang suara si Gendon masuk juga ke kuping caplang guwe.

”Ini belum lima menit, Mi. Enggak apa-apa klo diambil lagi,” kata si Gendon kedengaran di kuping guwe.

BACA JUGA:   Air, Nama Panggilan Anak Pertama Ammar Zoni dan Irish Bella

”Ajaran siapa itu belum lima menit boleh diambil lagi?” suara Mutil mangkin meninggi.

”Kata Om Sapi! Kemarin Om Sapi juga gitu. Pisang gorengnya jatuh, lalu diambil lagi, katanya sayang, belum lima menit!” Ealah…kenapa nama guwe dibawa-bawa sama si Gendon ya?

”Om Sapi itu orang jorok, lahirnya saja di parit, jangan dengerin omongan dia. Haduhhhh Ndooon,” Si Mutil teriak kenceng banget.

Karena kesel nggak bisa tidur gegara ocehan si Mutil dan Gendon, buru-buru guwe samperin mereka.

Mutil dan si Gendon lagi di depan pintu kamar mandi. Gendon telanjang bulat kayak lagi mau mandi, di tangannya memegang sikat gigi, mulutnya juga penuh busa.

”Ngapain sih kalian? Bising kali pagi-pagi,” kata guwe ke mereka.

BACA JUGA:   17 Tahun Bermusik, D'Masiv Rilis Album Live Abbey Road

”Tuh liat Om, kelakuan si Gendon,” si Mutil nunjuk ke Gendon.

”Apanya yang salah? Biasa keleus, orang mau mandi sikat gigi dulu,” kata guwe rada herman melihat gaya si Mutil yang alay.

”Itu Om, sikat giginya sudah masuk ke dalam lubang WC, padahal tadi si Gendon lagi beol juga. Langsung tuh sikat dia pake buat nyikat gigi” Mutil garuk-garuk kepala.

Mendengar penjelasan Mutil, gigi guwe langsung ngilu semua. Nggak bisa bayangin, tuh sikat masuk lubang WC yang lagi penuh, trus sikatnya jatuh lalu diambil dan langsung dipake buat sikat gigi.

Aduhhhh!!! Jigong apa jigong itu yang nempel di giginya Gendon. Wuekkkk…

Setelah beradu mulut sama si Gendon, akhirnya tuh sikat gigi bisa dibuang juga. Syukurlahh sodara-sodara.

BACA JUGA:   Cukai Naik Lagi di 2021, Pabrik Rokok Ingatkan Nasib Pekerja

Sore harinya, orang-orang pada ngumpul di depan rumah masing-masing. Lagi asik ngobrol, tiba-tiba tukan cilok lewat.

Mutil adalah salah satu orang yang sibuk beli makanan itu.

”Mami, aku mau lima tusuk,” kata Gendon.

Tak lama kemudian, guwe denger si Mutil tereak-tereak lagi.

”Gendoon…kenapa duitnya dibuang di parit?!! Bayar Ciloknya pake apa?” teriak Mutil.

Diteriakin gitu, Gendon malah bingung.

”Kata mami, kalo udah jatuh, harus dibuang. Tadi duit mami jatuh, makanya langsung Gendon buang. Kan jorok!!!” jawab Gendon.

Ekspresi Mutil saat itu kayak orang pengen nangis, pengen ngamuk dan kayak pengen boker. Susah banget dijelasin.

”Papiiii…urus tu anakmu! Pusing aku njelasinnya,” si Mutil akhirnya lari masuk rumah lalu terdengar suara tangisan yang penuh jejeritan. (santo sapi)