Kata Pak Menteri: Dari pada Ngutang ke Rentenir Mendingan Ambil Program KUR di BRI (BUNGA HANYA 3 %)

BATAMCLICK.COM: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meminta pedagang memanfaatkan program pemerintah yakni, subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 3% untuk tambahan modal usaha. Daripada berutang ke rentenir, yang dinilainya menetapkan bunga tinggi.

“Kalau berani berutang jangan ngutang dari rentenir, bunganya mahal. Kita melalui Menteri Keuangan sudah kasih dana untuk utang, mulai dari Rp 10 juta, bunganya hanya 3% dan 6 bulan nggak bayar utang sehingga ini kesempatan,” kata Airlangga saat berikan bantuan tunai PKL-Warung di Polrestabes Medan yang dilihat virtual, Kamis (9/9/2021).

“Apalagi tadi saya dengar rata-rata sudah usaha lebih dari 1 sampai 2 tahun. Jadi kalau berani jangan ke rentenir, hubungi BRI atau PNM dan lain-lain,” tambahnya.

BACA JUGA:   Los Blancos Raih Kemenangan Dengan Susah Payah

Terlihat Airlangga menawarkan pinjaman setidaknya ke tiga pedagang disela perbincangan. Awalnya kepada pedagang bernama Eva karena meminta bantuan tunai PKL dan warung ditambah lebih dari Rp 1,2 juta.

“Kalau Ibu biasa dapat Rp 50.000 per hari, ini kita kalikan sehingga Ibu dapatnya Rp 1,2 juta. Kira-kira Ibu mau nggak dapat segitu?,” tanya Airlangga.

“Mau dong, mau dipakai untuk usaha. Maunya tambah lagi,” katanya diiringi gelak tawa.

Airlangga pun menjelaskan jika ingin mendapat bantuan lebih bisa memanfaatkan program KUR pemerintah dengan bunga rendah. Sayangnya pedagang tersebut mengaku tidak berani.

BACA JUGA:   Jovic Dapat Kesempatan Terakhir Dari Madrid

“Kalau tambah lagi mau berani ngutang nggak? Bunganya rendah siap nggak Bu? Padahal kalau mau ngutang kita bisa kasih bunganya 3%. Nggak berani? Yaudah nanti terima ini dulu ya yang Rp 1,2 juta,” ujarnya.

Tidak berhenti sampai di situ, Airlangga kembali menawarkan pinjaman kepada pedagang kedua bernama Erwin yang berjualan peyek teri. Sama seperti sebelumnya, pedagang tersebut juga mengaku tidak berani.

“Pak Erwin berani utang nggak? “Nggak berani, takut”. Ada program kredit usaha rakyat bunganya 3%, pinjam pertama boleh Rp 10 juta. Kalau sudah berani kasih tahu, di sini ada perwakilan BI,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Dapat Donasi Rp 1 Miliar, Reza Arap Trending di Twitter

Terakhir kepada pedagang ayam geprek bernama Leli Khadijah yang juga mengaku tidak berani berutang ke pemerintah. Awalnya dia bercerita sudah berjualan selama 8 tahun di teras rumah yang lokasinya dekat kantor. Dengan adanya PPKM ini, omzetnya sangat terdampak dari biasanya menghabiskan 30 kg ayam per hari, saat ini cuma bisa sekitar 5 kg per hari.

“Ibu berani ngutang nggak Bu? Jadi kalau Ibu sudah berusaha 8 tahun seharusnya dari bank sudah berani kasih pinjam usaha. “Saya nggak berani, Pak”. Ya udah dikasih dulu yang Rp 1,2 juta,” tuturnya.***

Artikel ini telah terbit di detik.com.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5716328/airlangga-rayu-pedagang-pakai-kur-jangan-ke-rentenir-bunganya-mahal?tag_from=wp_nhl_4&_ga=2.55874475.1656952737.1630979663-1091679803.1589691372.