Workshop Dewan Pers di Batam Dorong Pilkada Damai 2024

Batamclick.com, Batam – Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu Pilkada 2024 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bertempat di Hotel Harris Resort Waterfront, Lantai 2, Jalan KH. Ahmad Dahlan – Waterfront City, Kota Batam, Jumat (5/7/2024).

Anggota Dewan Pers, Yadi Heriyadi Hendriana, mengatakan kegiatan ini digelar di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka menargetkan workshop peliputan ini selesai sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Targetnya, workshop ini diselenggarakan sebelum Pilkada agar jurnalis dapat hadir di masyarakat untuk memberikan sosialisasi tentang Pilkada,” ungkap Yadi.

Dalam workshop ini, diajarkan bagaimana kerja wartawan yang benar dan sesuai aturan dalam meliput Pilkada.

BACA JUGA:   Kakak Dihujat Usai Pamer Uang Sekoper, Amanda Manopo Klarifikasi

Yadi menyatakan, Dewan Pers memiliki tanggung jawab yang sama dalam memelihara iklim demokrasi agar aman, serta menciptakan dan memilih pemimpin yang akuntabel dan berintegritas.

“Hal ini perlu disampaikan. Ini bagus sekali, karena pers adalah penjaga demokrasi. Tugas pers adalah memastikan para pemilih atau masyarakat tidak salah dalam memilih,” ujar Yadi.

Melalui workshop ini, lanjutnya, media dapat menjadi indikator. Media mampu memberikan berita terbaik, positif, dan bisa mengarahkan publik, supaya publik tidak salah memilih nanti.

Workshop dihadiri sejumlah organisasi pers, ahli pers, dan berbagai jurnalis dari media cetak, elektronik, dan cyber. Selain itu, hadir juga Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), penyelenggara Pilkada, KPU dan Bawaslu, serta pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Polsek Batu Ampar Adakan Acara Pisah Sambut Wakapolsek

Acara dibuka oleh Ketua Komisi Kemitraan dan Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asep Setiawan, sekitar pukul 10.00 WIB.

Setelah pemaparan narasumber, workshop ini dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Setiap peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk membahas topik-topik berbeda terkait Pilkada, seperti netralitas ASN, tokoh calon kepala daerah, dan lain sebagainya.

Setiap kelompok menyusun rencana liputan mulai dari latar belakang, angle liputan, daftar narasumber, daftar pertanyaan untuk narasumber, data-data pendukung, hingga kelengkapan foto, video, dan infografis.