Pengamat sebut peluang Kaesang Pangarep lebih besar di Pilkada Jateng

BATAMCLICK.COM : Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, mengatakan bahwa peluang kemenangan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam pencalonan sebagai kepala daerah lebih besar di Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

“Kaesang itu akan lebih potensial di Jawa Tengah, karena Jawa Tengah itu habitat alaminya Pak Jokowi,” kata Qodari ketika ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Minggu.

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) tentang peta persaingan pada Pilkada Jawa Tengah.

Dalam hasil survei LSI yang dilakukan pada 21-26 Juni 2024, tercatat ada empat nama yang saat ini paling populer jelang kontestasi tersebut, yaitu Kaesang Pangarep, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah Bambang Wurianto.

BACA JUGA:   Hadapi Pertumbuhan 12 Persen, ini Langkah yang Disiapkan PT PLN Batam

Adapun hasil simulasi semi terbuka LSI dengan memberikan 21 pilihan kepada responden, menunjukkan bahwa Kaesang Pangarep paling banyak dipilih, yaitu sebesar 15,9 persen.

“Dia nomor satu itu dalam konteks bahwa Kaesang belum ngapa-ngapain, belum diwacanakan sama sekali untuk maju sebagai calon gubernur. Belum diwacanakan saja sudah bisa nomor satu, apalagi kalau diwacanakan,” ujar dia.

Meskipun saat ini Kaesang juga diisukan akan maju dalam Pilkada Jakarta, menurutnya, Ketua Umum PSI itu lebih mengerucut kepada Pilkada Jateng.

Ia menilai, apabila Kaesang menjadi Gubernur Jawa Tengah, maka posisi itu akan menjadi panggung untuk melihat kinerja putra bungsu Presiden Jokowi tersebut dalam memimpin daerah.

BACA JUGA:   Kepolisian Jepang tingkatkan keamanan politisi usai insiden Trump

“Tinggal Mas Kaesang-nya mau maju atau tidak. Kalau menurut saya, Mas Kaesang juga perlu membuktikan kinerja dia sebagai pejabat publik dengan cara menjalankan pemerintah di Jawa Tengah,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa partai-nya ikut mempertimbangkan nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, yang juga putra Presiden RI Jokowi pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7).

Menanggapi pernyataan Puan, Kaesang pada Jumat (5/7), mengaku bersyukur namanya masuk ke dalam radar PDIP.

BACA JUGA:   Jawab Keluhan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Bengkong Sambangi Warga Imbau Antisipasi Kejahatan C3

Meski begitu, sejauh ini dia mengaku belum memutuskan terkait langkahnya dalam Pilkada 2024. Dia menyebut bakal ada kejutan pada bulan Agustus 2024, yang menjadi momen pendaftaran pilkada.

“Jadi ketika saya masuk ke salah satu bursa ya, saya hanya bisa ucapkan Alhamdulillah, gitu aja,” ujarnya.

SUMBER : ANTARA