Gegara Dompet!

Sambil duduk di depan pintu, guwe meletakkan  cermin kecil di paha. Lantas guwe mulai mencetin jerawat yang banyak tumbuh di jidat  yang kinclong ini.

Belum sampe dua jerawat terpencet, tiba-tiba si Gendon datang mendekat.

”Lagi ngapain tuh Om?” tanyanya ke guwe.

”Mencet jerawat, nggak nampak ya?!

”Jadi o,om lagi enggak sibuk ya?” kata tuh anak ikut-ikutan mau bercermin.

”Kenapa emangnya?” radar-radar curigesyen dengan polahnya si Gendon udah mulai guwe cium.

”Anu.., kalau enggak sibuk. Gendon mau minta tolong,” wajah tuh anak keliatan memelas.

Guwe cuman nglirik doang, lalu guwe lanjut mencetin komedo di idung.

”O’ommmm…!” Gendon tiba-tiba tereak.
”Apa? Bising siang-siang tereak!

Macam enggak punya kuping,” guwe ngomel-ngomel ke tuh anak.

”Lagian Oom budek, dimintain tolong enggak mau jawab,”

Lalu guwe letakin cermin di lantai, guwe pandangin wajah Gendon dari dekat.

”Mau minta tulung apaan, heh?” tanya guwe.

”Mau minta tolong ambiln duit di dompet,”jawab Gendon.

Guwe rada mikir, jangan-jangan, guwe disuruh nyolong duitnya si Brewok sama nih anak.

BACA JUGA:   Wow, Eko Patrio Berniat Beli RANS dari Raffi Ahmad Seharga Rp400 M

”Dompetnya di mana?”

”Di kamar!” Gendon menjawab sigap.

Lah..guwe ya melotot kaget, pas anak si Buntelan Kentut ngomong kayak gitu.

”Ogah akh..klo di kamar, entar O’om dikira mau ngapa-ngapain masuk kamar orang.” guwe langsung nolak.

Mending, lanjut guwe,  kalo guwe dipitnah cuman mau nyolong, lha kalo sampe dipitnah mau meong-meong dengan mamakmu, si Mutil Upil Sekutil, ya guwe yang rugi bandar.

”Ishh..tu lah O’om, jadi manusia sok tau banget. Kan Gendon enggak nyuruh ngambil dompet di kamar mami,” tuh anak protes.

”Lalu kamar siapa?”

”Ya kamar O’om lah!” Tuh anak mulai sewot, gara-gara guwe dianggapnya bego stupid enggak nyambung-nyambung sama omongan dia.

”Emang dompet siapa yang ketinggalan di kamar O’om? Dompet mamakmu? Ishh..bilang ke mamakmu ya, O’om nggak pernah ngliat mamakmu pernah punya dompet.

Dompet mamakmu ya BH! Semua barang ditaruh di BH! Duit, KTP, ATM, Semua ditaruh di kutang!” mrepet-mrepet guwe ke si Gendon.

BACA JUGA:   Terancam Didepak dari BEI, Emiten Batu Bara ini Siapkan Sejumlah Strategi Bisnis

”Ya Tuhan..kenapa si O’om Sapi bego sekali ya hari ini???!!”tuh anak menaruh telapak tangan di kedua pipi tembemnya.

”Lha emang bener, mamakmu naruh barang-barangnya di kutang, kok!! O’om kan dah tau kelakuan mamakmu kayak mana,”guwe mulai ngeyel.

”Om, dengar ya. Gendon itu, minta tolong supaya O’om ngambilin dompet o’om yang ada di kamar. Cepetan!!”

Gendon garuk-garuk pantat udah mulai enggak sabar.

”Heh?? Kenapa dompet O’om harus diambil?” guwe makin enggak ngerti deh, sama keinginannya si  Gendon.

”Ya karena Gendon mau jajan! Jadi Gendon mau minta duit ke O’om! Buruan Om!”

Oalahhh…wedus, wedusss. Tobil anak kadal!

Jadi dari tadi itu, critanya si Gendon minta duit ke guwe? Gurih amat tuh anak!!

”Jadi, elu pikir, guwe bapak eloh…guwe emak eloh getoh, yang harus ngasih duit ke eloh. Ogah guwe mah!” kata guwe sambil ngambil cermin lagi.

”Bener o’om gak mau ngasih? Gendon nangis nih?”tuh nk mulai ngancam.

”Nangislah sampe mencret, Ndon. Lha kamu pikir duit itu kayak daun yang tinggal metik di pohon apa gemana? Tak u’uk, guwe mah ngasih duit ke elu,”

BACA JUGA:   Yeo Jin Goo Rayakan Ulang Tahun ke-23, di Mana Ya?

Eh..bener sodara-sodara, tuh anak habis guwe ngomong gitu, langsung nangis sekenceng-kencengnya sambil jalan pergi.

Nggak lama kemudian, Brewok tereak-tereak dari rumahnya.

”Sapi pesekkk, elu apain anak guwe hah?” Brewok tereaknya kenceng bener.

Guwe masih terbengong-bengong, saat tuh orang udah muncul di depan rumah sambil ngegandeng tangan anaknya.

”Elu apain anak guwe, Sapi?” kata Brewok.

”Entah..!” Iya dong guwe ngejawab gitu?!! Lha emang guwe enggak ngerti, kenapa si anak setan satu itu tiba-tiba nangis kenceng dan bikin bapaknya murka.

”Tadi kamu diapain Ndon sama Om Sapi?” Brewok nanya ke anaknya.

”Dipukul, Ditendang, Dijewer. Katanya Gendon anak nemu di parit!!”

Habis ngejawab gitu, Gendon tangisnya lebih kenceng lagi.

Ehh..bujubuneng, belom sempat guwe mengklaripikasi, Brewok dah menghajar guwe. Bak bik buk..
^*&()$#()!!! Guwe keok di Hajar bapaknya Gendon, pemirsah! (santo sapi)