Kemenag: JCH Lampung terbagi dalam 19 kloter

BATAMCLICK.COM : Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung menyebutkan jamaah calon haji (JCH) dari daerah ini yang bakal berangkat ke Tanah Suci pada 2024 terbagi menjadi 19 kelompok terbang (kloter).

“Jadi nanti ada dua gelombang, yakni 10 kloter pada gelombang pertama dan 9 kloter pada gelombang kedua. Saat ini kami sedang mempersiapkan fasilitas di Asrama Haji,” kata Kabid Pengadaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Lampung Ansori F Citra, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, kloter pertama dari Lampung akan masuk Asrama Haji pada 11 Mei 2024 yakni JCH asal Kota Bandarlampung dan akan menuju Madinah dari Bandara Sukarno Hatta pada 12 Mei pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA:   Chelsea Vs Madrid: The Blues Waspadai Comeback Ramos

“Rata-rata jumlah JCH dalam satu kloter itu sekitar 393 orang bersama petugas haji,” kata dia.

Dia mengatakan bahwa pada kloter 2 yang akan masuk Asrama Haji yakni JCH asal Kabupaten Lampung Tengah. Kloter 3 JCH asal Lampung Timur, kloter 4 JCH dari Lampung Utara.

Kemudian kloter 5 JCH dari Pringsewu, kloter 6 gabungan JCH Kabupaten Tulangbawang dan Kota Bandarlampung. Lalu 18 Mei masuk JCH asal Lampung Selatan, kemudian 19 Mei masuk JCH Bandarlampung ditambah sisa JCH Lampung Selatan, berikutnya JCH Lampung Tengah lagi dalam dua kloter sisa pada gelombang pertama.

BACA JUGA:   Sebelum ke Palestina, Kapal RS KRI dr Radjiman Wedyodiningrat Singgah di Batam

Kemudian pada gelombang kedua atau kloter 11 yang akan berangkat yakni JCH asal Lampung Timur. Kemudian kloter 12 JCH asal Kota Metro ditambah sisa JCH dari Lampung Timur.

“Selanjutnya kloter 13 JCH asal Bandarlampung dan Lampung Tengah, kloter 14 JCH asal Way Kanan ditambah Tulangbawang Barat, kloter 15 asal Tanggamus dan Pringsewu, kloter 16 asal Mesuji dan JCH sisa Lampung Utara, kloter 17 JCH asal Bandarlampung, kloter 18 asal Pesisir Barat, dan kloter 19 JCH asal Pesawaran,” kata dia.

Ansori mengatakan bahwa saat JCH masuk ke Asrama Haji mereka akan menerima fasilitas dari panitia, serta dilakukan pengecekan syarat-s​yarat yang telah ditentukan untuk keberangkatan.​​​​​

BACA JUGA:   Tahap Pengacian Merupakan Hal Yang Sangat Penting Untuk Tampilan Rumah Maka dari Itu Pengerjaannya Dibutuhkan Ketekunan Dan Kehati Hatian

“Namun, untuk paspor JCH, tidak diserahkan di Asrama Haji seperti tahun sebelumnya, melainkan diberikan saat akan berangkat atau menaiki bus ke bandara. Kami juga menyiapkan poliklinik di Asrama Haji guna memberikan pertolongan pertama kepada JCH,” kata dia.

Provinsi Lampung pada 2024 mendapatkan jatah kuota haji reguler sebanyak 7.253 orang. Pelaksanaan haji di Lampung akan dimulai pada 11 Mei mendatang di mana kelompok terbang (kloter) pertama dari provinsi ini akan memasuki Asrama Haji.

Sumber : Antara