Bukan Survei Kaleng-Kaleng, INSANI Menangkan Pilkada Kepri

Batam: Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Isdianto-Suryani (INSANI) merilis hasil survei internal. Hasilnya katanya tak jauh beda dengan survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei nasional. Hasilnya INSANI berada paling atas. Jika tak ada perubahan, maka INSANI akan keluar sebagai pemenang Pilgub Kepri pada 9 Desember mendatang.

“Inilah waktunya yang kami rasa tepat untuk mengumumkan pada masyarakat Kepri. Insya Allah perjuangan ini akan berbuah manis. INSANI akan menang pada pilkada nanti,” kata Bakti Lubis, Ketua Pemenangan INSANI, usai silaturahmi dengan relawan dan tim gabungan kualisi parpor pengusung INSANI di Golden Prawn, Bengkong, Kamis (3/12/2020) siang.

Menurut Bakti Lubis, survei yang mereka lakukan bukan untuk menyenang-nyenangkan diri atau tim semata. Namun, dilakukan secara independen oleh tim khusus yang mereka bentuk, tanpa ada campur tangan tim pemenangan, baik metode maupun sebaran responden.

BACA JUGA:   Melawan Pelaku Jambret, Bocah 10 Tahun Berhasil Gagalkan Aksi Pelaku

“Tak ada akal-akalan. Tak ada intervensi
Bahkan untuk mendapatkan hasil maksimal jumlah responden malah ditambah, biasanya 3000 dinaikkan jadi 9000 responden,” katanya.

Dari hasil survei tersebut pasangan INSANI memperoleh suara sebanyak 37,11 persen, disusul pasangan Paslon 01, Soerya Respationo-Iman Sutiawan 26,68 persen, dan Paslon 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustina, dengan suara 25,07 persen.

“Survei itu dilakukan sebelum INSANI memperoleh dukungan dari sejumlah tokoh Kepri. Kita yakin dukungan semakin meningkat setelahnya,” ujarnya.

“Kita yakin tanggal 9 Desember nanti merupakan hari yang bersejarah bagi INSANI, menjadi hari kemenangan untuk melanjutkan kepemimpinan Gubernur Kepribadian Isdianto,” harapnya.

Sementara, Yarsi Efendi, Ketua Bapilu INSANI sekaligus penanggungjawab survei internal tersebut menjelaskan survei dilakukan pada akhir Oktober hingga akhir November 2020.

BACA JUGA:   Aksi Kejar-Kejaran Bea Cukai dan Kapal Penyelundup Bermuatan 7,2 Juta Batang Rokok

Survei dilakukan di empat daerah: Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun. Dengan jumlah 9000 responden.

Dari empat daerah tersebut INSANI menang telak di Kabupaten Karimun dengan perolehan suara sebanyak 46 persen.

Di Batam sendiri lanjutnya INSANI di bawah pasangan lainnya. Justru mereka mendapatkan hasil paslon nomor urut 01, berada paling atas.

“Kita berada di urutan kedua. Namun, marginnya sangat tipis, cuma 3 persen dan kita yakin kita masih mampu mengejarnya,” katanya.

Begitu juga di Bintan dan Tanjungpinang. INSANI juga masih di bawah pasangan lainnya.

“Di Bintan yang unggul pasangan calon nomor urut tiga, dengan perolehan suara 53 persen, disusul paslon 02, dan paslon 01. Tanjungpinang juga begitu paslon 03 juga unggul dengan perolehan suara 37 persen, kemudian disusul paslon 02, lalu paslon 01,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Benarkah Ivan Gunawan dan Bella Aprilia Sant Menikah Hari Ini?

Tapi secara keseluruhan kata Yarsi, pasangan Isdianto-Suryani tetap unggul. “Secara komulatif pasangan nomor urut dua tetap unggul,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan dari hasil survei mereka khusus di Batam, paslon 01 unggul di lima kecamatan: Kecamatan
Batam Kota, Lubuk Baja, Bengkong, Sekupang, dan Batu Ampar.

Sedangkan paslon 02, Isdianto-Suryani unggul di enam kecamatan: Kecamatan Nongsa, Batu Aji, Sagulung, Belakang Padang, Sei Beduk, dan Galang. Sisanya dimenangkan paslon 03.

“Di sisa-sisa hari ini daerah-daerah yang belum kita menangkan itu akan kita maksimalkan. Kita harap tim, relawan bekerja lebih keras lagi, jangan sampai lengah. Di hari tenang seharusnya jangan ‘tenang’, tapi lebih giat lagi,” Bakti Lubis menegaskan.(***)