PT JASALINDO Berhasil Evakuasi Kapal Berbendera Cyprus yang Kandas di Perairan Batam

BATAMCLICK.COM, Batam – PT Jaya Salvage Indonesia (JASALINDO) berhasil mengevakuasi MT Tina I berbendera Cyprus yang kandas di Perairan Batu Berhenti, Belakang Padang, Batam, beberapa waktu lalu.

Diketahui, kapal jenis kargo yang mengangkut ratusan kontainer dari Singapura tujuan Jakarta itu kandas di Perairan Batu Berhenti, sejak 23 November 2020 lalu.

Salvage Master PT JASALINDO, Armand Van Kempen mengatakan, pihaknya mengevakuasi kapal tersebut setelah mendapatkan izin dari Departemen Perhubungan Laut.

Saat ini, proses evaluasi sendiri telah selesai dan kapal telah lego jangkar di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. “Ya, kapal sudah berhasil kami tarik dari lokasi kandasnya pada 30 November 2020, sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Armand, Kamis (3/12/2020).

Lanjut Armand, selain proses evakuasi, saat ini JASALINDO yang dipercaya pemilik kapal MT Tina I juga telah melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kapal kandas dan untuk mengetahui apakah ada kerusakan kapal berendera Cyprus tersebut.

BACA JUGA:   Sampah Ini yang Jadi Penyebab Batuaji Kerap Banjir

“Proses investigasi, seperti mengecek apakah ada kerusakan kapal dan apakah ada pertumpahan minyak. Dan hasilnya, kami tidak menemukan adanya kerusakan di kapal dan tidak ada pertumpahan minyak di sekitar lokasi kandasnya kapal itu,” ungkapnya.

Dalam proses evakuasi dan investigasi, pihaknya tidak menemukan kendala dan saat ini kapal tersebut telah diserahkan kepada pemiliknya.

“Setelah kapal itu berhasil kami tarik dan saat ini sedang lego jangkar di Pelabuhan Batuampar, pekerjaan kami selesai. Kapal pun telah kami serahkan kembali kepada pemiliknya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Rudi Ajak PPM Dukung Pembangunan Kota Batam

Seperti diketahui, PT JASALINDO adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang penyelamatan dan penyelaman (salvage), pengangkutan bangkai kapal dan penyedia beragam jasa bawah laut lainnya. Perusahaan kami berbasis di Surabaya dan Jakarta, Indonesia.

JASALINDO didukung oleh luasnya jaringan penyelam bersertifikat ADCI dan IMCA, yang terdiri lebih dari seratus penyelam berpengalaman, baik lokal maupun ekspatriat. Selain itu, kami juga memiliki inspektur NDT yang bersertifikat ASNT dan CSWIP.

JASALINDO memiliki dan mengoperasikan armada kelautan milik perusahaan, yang terdiri dari Kapal Pendukung Penyelaman ‘Jasalindo’, Work Barge ‘Continental’ dan Tugboat ‘Universal’ yang memungkinkan JASALINDO untuk memobilisasi peralatan dan personel secara mandiri dan cepat.

Sejak didirikan di tahun 2001, JASALINDO dikenal sebagai perusahaan yang memiliki reputasi yang sangat baik karena komitmen totalnya dalam menyediakan solusi untuk masalah-masalah underwater bagi Sektor Energi lepas pantai dan Industri Maritim secara luas.

BACA JUGA:   Masa Jabatan RT/RW di Batam Tuai Kontroversi

JASALINDO telah melayani sejumlah pemilik kapal, underwriter dan dinas pemerintahan, serta beberapa perusahaan internasional yang bergerak di bidang maritim guna menyediakan layanan bawah laut di seluruh Kepulauan Indonesia.

Untuk memberikan solusi total bagi pelanggan, JASALINDO didukung oleh tim fabrikasi dan teknisi yang berpengalaman dan terampil. “JASALINDO memiliki dan mengoperasikan workshop yang inovatif dan berteknologi canggih, yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan fabrikasi dan instalasi underwater yang dibuat khusus sesuai kebutuhan dan bersertifikasi, serta peralatan pendukung untuk penyelamatan dan penyelaman,” tutupnya.

Sumber: BATAMTODAY