SPAM Batam Segera Atasi Kendala Air Bersih di Kelurahan Seijodoh

Batamclick.com, Batam – Masalah air bersih selalu menjadi polemik bagi masyarakat Batam, seperti itu juga halnya yang dialami warga di Kelurahan Sei Jodoh, Kecamatan Batu Ampar mengeluh soal sulitnya mendapatkan air bersih selama kurang lebih hampir 10 tahun.

Hal tersebut membuat warga akhirnya melakukakan pertemuan dengan pihak SPAM dan PT Moya Indonesia Area Batam. Dari pertemuan tersebut warga akhirnya agak sedikit legah mendengar penjelasan dari Direktur Badan Usaha (BU) Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Batam, Denny Tondano didampingi Direktur PT Moya Indonesia Area Batam, Sutedi Raharjo yang turun langsung bertemu dengan masyarakat.

Disampaikan Denny, pihaknya akan mencoba untuk melakukan perubahan dan mengupayakan perkuatan pada sambungan air di Perumahan Happy Valley Garden, Sumber Agung, Jodoh Permai, dan Perumahan Angkasa Utama.

“Masalah air ini kita butuh waktu, paling tidak kami akan mencoba untuk perubahan. Tetapi, ada beberapa yang harus kita tertibkan atau ditutup nantinya (sambungan-sambungan ilegal) karena pengaruhnya cukup besar, itu sekitar 14 persen,” ulas Denny kepada awak media ketika ditemui di gedung serba guna Perumahan Jodoh Permai, usai pertemuan tatap muka dengan warga,Kamis (3/3/2023).

BACA JUGA:   Wagub Marlin Hadiri Pelantikan PPM Kepri

Denny mengatakan, sebelum melakukan pertemuan dengan warga, pihaknya sudah melakukan survei, pendataan dan penelitian di lapangan untuk mengetahui letak persoalannya tersebut.

“Kami konsen dengan masalah ini. Nah ada beberapa tempat yang kami respon langsung terhadap keluhan-keluhan masyarakat dan kita datangi untuk mengatasi persoalan-persoalan air ini, termasuk Kelurahan Patam Lestari,” sebutnya.

Dalam menangani permasalahan air, ia menjelaskan bahwa, ada beberapa cara yang dilakukan pihaknya, yakni penanganan sementara dan penanganan permanen.

Adapun penanganan sementara yang dilakukan seperti pengadaan mobil tanki air bersih. Sedangkan yang permanen adalah memperbaiki sambungan-sambungan pipa guna mendorong kekuatan air.

BACA JUGA:   Kakanwil Kemenkumham Kepri Lantik Kalapas, LPKA dan Karutan Batam

“Kami masih menunggu alatnya datang (pengontrol tekanan air), sudah dipesan. Alat datang, seminggu bisa selesai penyambungan dan pemasangan itu (pipa). Konsentrasi yang kami lakukan sekarang adalah mengejar alat itu agar cepat datang,” ungkapnya.

Sementara, Direktur PT Moya Indonesia Area Batam, Sutedi Raharjo menyebut, sebagai langkah awal dalam proses penanggulangan air bersih yang tidak mengalir di empat Perumahan warga di Kelurahan Sei Jodoh ialah pengadaan beberapa alat.

“Langkah awal, kita akan pengadaan alatnya. Kami mohon maaf belum bisa memberikan pelayanan maksimal disini (Kelurahan Sei Jodoh),” ujarnya.

Ketua RT 01/RW 05 Perumahan Happy Valley Garden, Minto Wiluyo (55 tahun) mengucapkan terima kasih kepada pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT Moya Indonesia Area Batam yang sudah berkesempatan hadir bersama warga.

BACA JUGA:   Pesan Jefridin Kepada Karang Taruna Batam, Terus Berbuat untuk Masyarakat dan Jadikan Ladang Ibadah

“Alhamdulillah dengan kedatangan bapak-bapak ini kesini, paling tidak sedikit bisa mengobati perasaan warga yang selama ini tidak mendapatkan air bersih,” ucapnya.

Mewakili warga, pihaknya berharap permasalahan air bersih di Sei Jodoh ke depannya sudah lancar kembali.

“Seperti yang sudah dijanjikan, 1 Minggu alat datang, terhitung mulai Minggu depan, insyaallah air bakal lancar. Itu yang kami harapkan ke depan,” ujarnya.

Hadir pada tatap muka bersama warga Sei Jodoh, di antaranya para Ketua RT dari Happy Valley Garden, Sumber Agung, Jodoh Permai, dan Angkasa Utama. Selain itu, tampak pula Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Batuampar Ridwan Salasa, Wakapolsek Batuampar AKP Syarifuddin, anggota Satpol-PP wilayah Batu Anpar serta warga Kelurahan Sei Jodoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *