Jaga Kearifan Lokal, Satgas TMMD 110/ Kodim 1201 dan Warga Nyamah Ikan Bersama

LANDAK – Warga Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak memiliki kebiasaan menangkap ikan di sungai secara bersama-sama atau dalam bahasa setempat disebut Nyamah.

Personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1201 Mempawah – Landak ikut Nyamah bersama untuk menjaga kearifan lokal masyarakat Tolok.

“Kebetulan kami diajak Nyamah sama warga disekitar lokasi TMMD. Seru, bisa dekat dengan masyarakat menjaga kearifan lokal mereka,” tutur Prada Herja Novrayanto, Anggota Satgas TMMD Kodim 1201, (23/02/2021).

Nyamah, dikatakannya, adalah tradisi turun temurun yang harus dilestarikan karena proses penangkapan ikan ini tidak merusak lingkungan. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan TMMD yaitu menjaga lingkungan dengan tetap melestarikan kearifan lokal.

BACA JUGA:   Satgas TMMD ke 110/ Kodim 1201 Tambah Material Pembuatan Box Cluvert

“Nyamah ikan ini sudah menjadi tradisi warga Desa Tolok selama berpuluh-puluh tahun, ikan-ikan yang mereka dapatkan, selain dimasak sendiri buat lauk juga dijual. Makanya, musim kemarau bawa berkah untuk mereka karena ikan-ikan mudah ditangkap,” tutupnya.

(pendim 1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *