Serial Brewok: Asli apa Palsu? KW

Kemarin sore, ceritanya guwe nemenin si Mutil Upil Sekutil, ke pasar baju bekas yang ada di deket rumah.

Sudah muter-muter beberapa kali, namun si Mutil belum juga menemukan barang yang dia cari.

”Cari kutang yang model apaan sih, Til?” tanya guwe yang sudah mulai sakit kepala ngikutin dia muter-muter.

”Anu Om, yang kayak dipake artis-artis itu,” jawabnya.

”Yang model kayak mana?”

”Yang tembus pandang,” jawab Mutil sambil sibuk membolak-balik tumpukan kutang.

Emang ada ya sodara-sodara, kutang yang kayak diomongin si mamaknya Gendon itu? Kalo  cuman nyari transparan, kayaknya bagusan enggak usah pake kutang gak sih? Susah amat dari tadi nyarinya enggak dapat-dapat.

Lagian, model dada tiarap kayak punya si Mutil apanya yang mau dikutangin?!! Heran deh guwe.

”Omm..liat nih, bunganya cantik banget ya,”

Ealahhh…, katanya nyari kutang, tapi pas ngeliat bunga yang dipajang di rak toko, dia sibuk tereak-tereak nyuruh guwe ngeliat.

”Mau beli apa gimana?” tanya guwe.

Kalo emang mau beli, entar guwe panggilin tukang tokonya.

Mutil tersenyum, matanya berbinar.

”O’om mau beliin buat aku ya? Mau lah klo gitu,” jawab Mutil.

Lah…, kapan guwe ngomong mau beliin dia tuh bunga?

”Enggak akh, buat apa beli bunga. Bentar aja rusak dibanting anakmu,” kata guwe beralasan.

”Aku bentar lagi ulang taun lho, Om. Anggep aja buat kado,” Mutil ngeyel.

Halah, si Mutil gayanya bener-bener sudah sok macam orang kaya deh.

”Til, model-model manusia jepretan karet kayak kita ini, enggak usah sok ngomongin ulang taun, ngapa? Tagihan istrik naek lima puluh rebu aja, ngomelnya orang sekomplek bisa denger. Lha kok sok membahas ulang taun,” ngomel juga guwe akhirnya. Sebel sih.

”Tapi ini bagus Om, bunga asli ini kan Om?” kata Mutil mencoba nyiumin tuh bunga dengan idung peseknya.

”Plastik!,” jawab guwe.

”Asli ini Om, nih baunya aja kerasa,”

Sekali lagi hidung pesek si Mutil nyiumin tuh bunga.

”Gak usah ngeyel, palsu ini,” kata guwe sambil megang kelopak si bunga.

”Akhh..apalah si O’om ini, masak nggak bisa bedain bunga asli sama plastik!”

Guwe narik napas, lalu membuangnya cepet-cepet.  Susah ya kalo ngomong sama manusia yang isi kepalanya kurang sesendok.

Udah jelas bunganya plastik, kok dibilang asli.

”Asli kan Om..?” Mutil nanya lagi.

”Iya, asli. ASLI plastik,” kata guwe.

Mutil pun tersenyum puas, kepalanya mengangguk-angguk.

”Akhirnya O’om pinter. Tau kalau bunga ini asli.”.Beuhhhhh..!!(santo sapi)