BATAMCLICK.COM,ANAMBAS – Permasalahan Buaya yang sudah meresahkan warga di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur, mendapat respon cepat dari Camat Jemaja Timur. Camat langsung mengadakan rapat Koordinasi Penanggulangan Hewan Liar (Buaya) di Aula Kantor Camat Jemaja Timur, Jumat,8/2/2019.

Keluhan warga terkait Buaya tersebut sudah memuncak, sehingga disampaikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas oleh warga setempat dan langsung dapat respon dari pemerintah daerah, dengan menurunkan tim dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Kasi Trantib, serta perwakilan dari Desa Se Kecamatan Jemaja Timur, serta Tokoh Masyarakat Jemaja Timur, kemudian membentuk satgas kecil yang di bentuk pada hari kamis yang lalu.

PLT Camat Jemaja Timur, Indra Gunawan,S.Hut menyampaikan, dalam waktu dekat ini akan melakukan himbawan serta pemberitahuan kepada warganya, terkait buaya yang sudah memangsa ternak ayamnya, serta akan dikawatirkan akan memangsa ternak lainnya, seperti kambing, dan sapi milik masyarakat, bahkan pihaknya langsung membentuk satgas kecil yang terdiri dar,i gabungan aparat setempat serta aparat desa dan warga yang ada di Jemaja Timur.

Indra Gunawan juga mengatakan bahwa, ada sejumlah warganya mengadukan kepada dirinya yang mana dirinya baru saja menjabat PLT Camat Jemaja Timur, menggantikan A.Gafar, Camat sebelumnya yang sudah pensiun.

“Ini sudah kepercayaan yang di berikan kepada saya dan saya wajib selalu siap membantu warga¬† dengan kemampuan saya,” tegasnya.

Indra Gunawan juga mengatakan, bahwa dirinya bersama warga serta tim dari kabupaten anambas, melakukan patroli di pesisir sungai dengan menggunakan Pompong, dan ada juga dengan menggunakan penyisiran sepanjang sungai, namun alhasil belum ditemukan Buaya yang meresahkan tersebut.

Mengingat buaya ini adalah hewan yang dilindungi, maka pihaknya akan menyurati Dinas Konservasi Hewan guna mendapatkan arahan selanjutnya, sebelum warga mengambil tindakan yang bisa membahayakan buaya serta membahayakan warga itu sendiri.(kasmir)