Dandim Batam: Lingkungan Kotor Bisa Membunuhmu

Dandim Batam (empat dari kanan) bersama Walikota Batam HM Rudi SE.MM, Sekda Batam H Jefridin, serta SKPD Kota Batam foto di lokasi gotong royong.

Dandim Batam (empat dari kanan) bersama Walikota Batam HM Rudi SE.MM, Sekda Batam H Jefridin, serta SKPD Kota Batam foto di lokasi gotong royong Batam Bebas Sampah.

BATAMCLICK.COM: Gerakan Batam Bebas Sampah yang dilakukan serentak untuk memperingati hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November 2018 besok, diikuti oleh semua elemen masyarakat, mulai dari TNI-Polri, Pemerintah Kota Batam, BP Batam, DPRD Batam, Ormas dan OKP hingga ke Front Pembela Islam (FPI) serta Paguyuban Wong Kito Gallo, terpusat di RW 4, Kampung Agas, Tanjunguma, Batam, Jumat (9/11/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Batam H.M Rudi, Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana beserta jajaran Kodim 0316.

Walaupun cuaca tidak mendukung karena hujan turun deras di daerah Tanjung Uma, tidak menjadi halangan bagi para relawan untuk kegiatan gotong royong, membersihkan tumpukan sampah yang ada di paret dan kolong rumah warga.

 

Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana mengatakan, Gerakan Batam Bebas Sampah ini dalam rangka memperingati hari Pahlawan 2018. Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dicanangkan tersebut. Tidak hanya aksi nyata, tetapi juga motivasi kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, dan kesehatan lingkungan.

 

“Sudah berjalan di beberapa titik, dan untuk hari ini kita laksanakan di Kampung Agas,Tanjung Uma, ada sekitar 700 relawan yang ikut dalam kegiatan ini. Kita sebagai generasi penerus, harus tetap semangat dan salah satunya dengan kegiatan seperti ini, menjaga apa yang sudah diperjuangkan para pahlawan,” ujar Romel.

 

Romel juga mengimbau kepada masyarakat, agar memiliki kesadaran untuk selalu hidup bersih dengan menjaga lingkungan sekitar.

Jika tidak terapkan, menurut Romel, maka akan merugikan dan dapat menjadi sarang penyakit yang dapat membunuhkita sendiri.

 

“Lingkungan yang kotor, akan menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri dan kuman, termauk sarang nyamuk, yang dapat menyebabkan kita terserang malaria, demam berdarah, ada lagi kolera, muntahber, dan banyak lagi, itu bisa membahayakan kesehatan warga, bahkan bisa menjadi wabah yang merenggut nyawa,” papar Romel.

Ormas FPI dan Paguyuban Wong Kito Gallo juga bersemangat wujudkan Batam Bebas Sampah.

Ormas FPI dan Paguyuban Wong Kito Gallo juga bersemangat wujudkan Batam Bebas Sampah.

Sementara itu,  Walikota Batam, H.M Rudi SE MM, akan terus mengagendakan kegiatan ini, sebagai kegiatan rutin bulanan.

“Kalau bisa setiap bulan diadakan kegiatan seperti ini. Kita ingin kota Batam menjadi kota wisata, karena itu kita harus menjaga kebersihan kota Batam,” ungkap Rudi.

 

Rudi menambahkan, salah satu sasaran dari kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, untuk saling menjaga lingkungan sekitar. Kota wisata harus bersih dan rapi. Ia berharap kebersihan kota Batam dapat menunjang meningkatnya kunjungan wisatawan ke Batam.

 

BACA JUGA: PANTANG PULANG SEBELUM KINCLONG

 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena akan mengedukasi masyarakat dalam menjaga lingkungannya dari sampah. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0316/Batam karena sudah menjadi inisiator dalam kegiatan Batam Bebas Sampah ini,” tutup Rudi.(elin)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai