Imigrasi Karimun Sanggup Penuhi Permintaan Bupati, Perpanjangan Paspor Diminta Tak Lagi Dijeda

Bupati Karimun Aunur Rafiq foto salam komando dengan Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah dalam menerima kunjungan dirumah pribadinya, Kamis (8/11)

Bupati Karimun Aunur Rafiq foto salam komando dengan Kepala Kantor Imigrasi
Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah dalam menerima kunjungan dirumah pribadinya, Kamis (8/11)

BATAMCLICK.COM: Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah mengaku bersedia memenuhi permintaan Bupati Karimun Aunur Rafiq, untuk dapat memberikan kebijakan khusus bagi masyarakat Kabupaten Karimun, yang mengurus paspor untuk bekerja.

Kesanggupan itu dia sampaikan disela kunjungan kerja perdananya, dalam pertemuan dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq dirumah pribadi orang nomor satu tersebut, Kamis (8/11).

“Soal permintaan khusus dari Pak Bupati, nanti bisa saja ada kebijakan yang saya buat, tentunya sesuai aturan juga. Mungkin kalau yang pengurusannya lama itu kan supaya ada efek jera juga. Tapi kita juga jangan sampai melanggar aturan yang berlaku,” jelas Darmunasnsyah kepada Aunur Rafiq.

Kata Darmunansyah, Imigrasi Tanjungbalai Karimun juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak menyalahgunakan paspor yang telah dimiliki. Sehingga harus disimpan baik-baik dan jangan sampai hilang.

“Nanti kita pantau juga. Memang prosesnya (pembuatan paspor) memang tidak semudah kalau kita penggantian paspor. Apa lagi mereka namanya diganti-ganti, artinya kan motifnya sudah tidak baik kok diganti-ganti,” jelasnya.

Dia pun berjanji akan membantu pemerintah daerah Kabupaten Karimun dalam hal mempermudah urusaninvestor yang masuk, untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Karimun.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq menceritakan curhatan warganya, yang mengalami kendala dalam kepengurusan paspor, khususnya untuk paspor yang akan habis masa berlaku dan ingin memperpanjang, maka harus menunggu waktu sampai enam bulan lamanya.

Foto bersama dalam kunjungan kerja Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah di rumah pribadi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kamis (8/11)

Foto bersama dalam kunjungan kerja Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah di rumah pribadi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kamis (8/11)

“Masyarakat Kabupaten Karimun cukup banyak yang berangkat ke Malaysia untuk bekerja, ketika paspor mereka mati dan harus menunggu enam bulan baru dapat dibuatkan paspor baru jika sudah habis masa berlaku. Maka terpaksa mereka menganggur, selama jeda enam bulan itu mereka pun mengelukan kondisi yang tidak punya pekerjaan, saya pun tak bisa berbuat apa-apa, kalau Imigrasi ini dibawah Pemerintah Daerah mungkin bisa kita intervensi,” kata Rafiq kepada Kepala Imigrasi Tanjungbalai Karimun yang baru menjabat, Darmunansyah.

Atas kondisi itu, Rafiq berharap agar Imigrasi Tanjungbalai Karimun dapat mengeluarkan satu kebijakan atau kearifan lokal. Kendati memang telah ada kebijakan khusus dari Dirjen, namun paling tidak ada solusi atau alternatif yang diberikan. Intinya jangan ada lagi jeda waktu selama enam bulan khusus yang akan melakukan perpanjangan paspor.

“Nanti mungkin Kepala Imigrasi yang baru menjabat ini mencari formulasi yang pas, sehingga tidak menyalahi aturan. Masyarakat pun dapat terbantu. Ini yang kita harapkan,” kata Rafiq.(gan)

Mungkin Anda juga menyukai