Kelulusan Tes SKD CPNS Karimun Diprediksi Tak Sampai 10 Persen

Peserta dari Kabupaten Karimun mengikuti tes SKD CPNS di Hotel CK  Tanjungpinang, Minggu (4/11).(Foto: BKPSDM Karimun)

Peserta dari Kabupaten Karimun mengikuti tes SKD CPNS di Hotel CK
Tanjungpinang, Minggu (4/11).(Foto: BKPSDM Karimun)

BATAMCLICK.COM: Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Kabupaten Karimun memprediksi kelulusan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tak sampai 10 persen.

Prediksi itu disampaikan setelah berakhirnya seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS, bagi 2624 peserta dari Kabupaten Karimun. Yang digelar di Hotel CK Tanjungpinang selama dua hari dan berakhir pada Minggu sore (4/11).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Kabupaten Karimun, MS Sudarmadi melalui Kabid Pengadaan Mutasi dan Informasi, Rahmadi mengatakan, meski tes SKD telah selesai dilaksanakan, namun sampai malam ini pihaknya belum mendapatkan data pasti jumlah kelulusan peserta.

Namun sebagai gambaran, dari 300 sampai 400 peserta setiap sesinya, hanya ada sekitar lima atau enam peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap berikutnya.

“Gambaran yang lulus tak banyak lah, sekitar 50 orang atau lebih, dari 2624 peserta yang ikut seleksi selama dua hari ini. Di daerah lain semua juga seperti itu, hanya sedikit yang lulus dan sama seperti Karimun. Prediksinya paling tak sampai 10 persen. Tapi tunggu data pastinya saja setelah diinput secara keseluruhan,” kata Rahmadi melalui ponselnya, Minggu malam (4/11).

Untuk input data kelulusan akan dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di pusat, namun BKP SDM Kabupaten Karimun juga akan tetap melakukan input data, agar dapat diketahui dengan cepat.

“Kalau memang kami siap mengolah data malam ini, akan segera kami sampaikan. Kami pun lagi kebut malam ini. Kita juga mau tahu berapa yang lulus dan tidak, tapi nanti BKN pun ngolah juga,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya tidak mengetahui persis penyebab sedikitnya peserta yang lulus dalam seleksi SKD. Sementara ada 100 jumlah soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit batas waktu yang disediakan. Jumlah waktu tersebut merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh pusat, sehingga pihaknya hanya menjalankan tahapannya saja.

“Mau baca soalnya saja memang harus bolak balik lebih dari satu menit. Kami pun tidak tahu nanti seperti apa kelanjutan dari pusat, bagaimana memenuhi kuota,” katanya.

Dijelaskan, BKP SDM Kabupaten Karimun masih menanti infomrasi pengumuman resmi kelulusan, yang akan ditetapkan oleh BKN Pusat. Sehingga belum dapat diketahui apakah nantinya diinput oleh masing-masing BKP SDM di daerah ataukah langsung dari website BKN.

Setelah seleksi SKD, nantinya para peserta yang dinyatakan memenuhi passing grade akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 842 berkas administrasi CPNS di Kabupaten Karimun tak lulus seleksi, dari 3466 berkas yang masuk. Sehingga ada 2624 peserta tes akan mengikuti tahapan seleksi SKD.

173 peserta tak ikut tes

Kabid Pengadaan Mutasi dan Informasi BKP SDM Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan, dari 2624 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrsi dan layak mengikuti tes SKD, ada 173 peserta yang tidak hadir untuk mengikuti seleksi.

Dengan rincian dihari pertama, Sabtu (3/11) ada 73 peserta yang tidak ikut dari empat sesi secara keseluruhan. Diantaranya, sesi pertama lima peserta yang tidak ikut dari 176 peserta yang telah dijadwalkan, sesi kedua ada 22 peserta yang tak ikut dari 400 peserta yang telah dijadwalkan, sesi ketiga ada 24 peserta yang tak hadir dari 400 peserta yang dijadwalkan dan terakhir sesi keempat ada 22 peserta yang tak hadir dari 400 peserta yang dijadwalkan.

Hari kedua, Minggu (4/11) pada sesi pertama ada 27 peserta yang tak hadir dari 400 peserta yang telah dijadwalkan, sesi kedua ada 34 peserta yang tidak hadir dari 400 peserta yang dijadwalkan, sesi ketiga ada 30 peserta yang tak hadir dari 400 peserta yang dijadwalkan, sesi terakhir ada 9 peserta yang tak hadir dari 48 peserta yang dijadwalkan.

Tidak diketahui penyebab hampir 200 peserta yang tak ikut tes SKD tersebut, namun apapun alasannya mereka dinyatakan gugur.(gan)

Mungkin Anda juga menyukai