Tangan-tangan Manunggal

 

BATAMCLICK.COM: Semangat manunggalnya TNI dan rakyat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Desa Pengudang, ternyata menyeruak sampai ke Ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

 

Memasuki hari ke-15 program TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0315/Bintan di Desa Pengudang, semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat tidak sedikitpun luntur oleh keringat yang dibakar teriknya panas bahkan oleh curahan air hujan.

 

Beberapa unit mobil penggemar offroad meluncur dari pusat Ibukota, melewati sepanjang jalan lintas dari Tanjungpinang menuju desa pengudang lokasi dimana program TMMD dilaksanakan. Mereka adalah Komunitas Indonesian Off Road Federation (IOF) Provinsi Kepri, yang sengaja hadir ditengah tengah kemanunggalan TNI dan masyarakat untuk ikut menyumbangkan tangan -tangan mereka dalam program tersebut.

 

Setelah berkoordinasi dengan satgas TMMD, personil IOF tidak duduk diam. Secara spontan, mereka mulai ikut dalam berbagai aktivitas yang sedang dilakukan oleh satgas TMMD bersama masyarakat.

 

Selain membangun infrastruktur jalan, batu miring dan gorong gorong, program TMMD juga bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kepri dalam upaya penghijauan dilokasi. Ada 1000 pohon yang terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari Mahoni, Glodokan kayu, Trembesi, Johar, Sembon dan Gamelina direncanakan akan ditanam disepanjang tepi jalan.

 

“Untuk progres pekerjaan jalan, sebenarnya sudah hampir rampung. Satgas sekarang ini hanya melakukan finishing dan merapikan akses jalan serta menanam pohon. Sudah 800an pohon yang sudah ditanam, dan yang belum ditanam sekitar 200an,” kata Danramil 03 Tanjung Uban, Kapten Prabowo waktu itu.

 

Kehadiran tangan-tangan IOF, ternyata memberikan spirit tambahan bagi satgas TMMD dan masyarakat. Selain mereka membantu dalam penyelesaian pembangunan batu miring, dengan semangat kebersamaan tangan tangan personil IOF juga melakukan penanaman pohon disepanjang jalan yang dibangun.

Sungguh pemandangan yang luar biasa, dimana banyak tangan yang menyatu dalam misi sosial tersebut. Seperti perumpamaan “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, begitulah semangat yang terlihat. Pekerjaan yang seharusnya memerlukan waktu dan tenaga lebih, menjadi terpangkas karena bertambahnya tangan yang mengerjakannya.

 

“Kebetulan kami juga memiliki misi sosial yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Makanya ketika mengetahui program ini, kami bersama teman teman turun untuk ikut berpartisipasi,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi IOF Pengda Kepri, Suyadi, Minggu (28/10/2018).

 

Ucapan terimakasih turut disampaikan Danramil kepada semua pihak yang telah menyumbangkan tenaganya bagi pelaksanaan kegiatan TMMD ini.

 

Sebagai salah satu desa yang memiliki prospek untuk berkembang, Desa Pengudang memang menyimpan banyak potensi yang belum secara maksimal diberdayakan. Melalui program TMMD ke 103 ini, harapannya dapat menjadi rangsangan bagi semua pihak khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Bintan didalam mewujudkan Desa Pengudang yang maju sehingga berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

 

 

Penulis: Akok

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai