Warga Pengudang Diajarkan Cara Bertani yang Sukses

 

BATAMCLICK.COM: Selain memberikan pembekalan pengetahuan kewirausahaan dan pengetahuan agama, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 Kodim 0315/Bintan juga mengajarkan cara bercocok tanam yang efektif.

 

Penyuluhan terhadap petani Balai Desa Pengudang, Kecamatan Telok Sebong, Kabupaten Bintan ini berlangsung Selasa, (30/10/2018). Satgas TMMD menghadirkan pemateri dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bintan umtuk memberi masukan kepda warga tentang jenis-jenis tanaman yang cocok untuk kontur tanah di Desa Pengudang.

 

Supriadi selaku pemateri penyuluhan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bintan menyebutkan, Desa Pengudang yang memiliki struktur tanah yang cukup baik bagi pertanian. “Berbagai jenis tanaman seperti jagung dan jenis tanaman lainnya, cocok untuk daerah Pengudang.

Untuk ketepatan kontur tanah, sambungnya, bibit jagung serta tanaman lainnya dapat tumbuh subur.

 

Kegiatan penyuluhan pertanian yang merupakan bagian dari program TMMD ini berfokus memberikan pemahaman bagi warga desa untuk memulai serta melanjutkan program pertanian yang telah menjadi program pemerintah.

 

“Ketahanan pangan merupakan program pemerintah. Jadi dengan penyuluhan ini bisa membawa manfaat karena mungkin masih ada beberapa petani yang tidak tahu cara bercocok tanam yang benar,” ungkapnya.

 

Dandim 0315/Bintan, Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangda melalui Dansatgas SSK TMMD Ke 103, Lettu Inf M. Yusuf menyampaikan, penyuluhan pertanian ini diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian di Desa Pengudang dan sekitarnya. “Diharapkan, setelah ini petani juga dapat menerapkan teknologi yang telah disampaikan oleh pemateri. Ya, semoga dengan diberikannya penyuluhan ini masyarakat semakin tahu dan paham tentang bertani. Tujuanya, agar panen bisa maksimal serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Lettu Inf M. Yusuf.(b-jack)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai