Karimun Sudah Mencetak 25 Ribu Santri

BATAMCLICK.COM: Sebanyak 770 santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) se-Pulau Kundur, Karimun, Kepulauan Riau, diwisuda oleh Bupati Karimun H Aunur Rafiq, di lapangan futsal Forza Kilometer 4 Kelurahan Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundur, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Rafiq, proses wisuda santri TPQ bukan akhir dari pendidikan, melainkan baru tahap awal, sehingga kedepannya masih harus melanjutkan pendidikan guna meningkatkan pemahaman, khususnya soal ilmu agama Islam.

“Pendidikan adalah investasi yang bakal kita bawa sebagai orang tua ketika diakhirat kelak. Semoga diterima sebagai amal jariyah oleh Allah,” ucap Rafiq.

Menurutnya, sejak tahun 2002 dimulainya wisuda santri TPQ secara perdana, dan hingga saat ini telah mewisuda sebanyak 25.000 santri

“Ditahun 2019 mendatang saya minta kepada BMPG Guru TPQ untuk menggelar kegiatan ulang tahun, yang diisi dengan berbagai perlombaan untuk para guru TPQ. Nantinya akan kita berikan juga penghargaan kepada guru TPQ yang berprestasi,” katanya.

Adapun jumlah santri TPQ yang saat ini masih mengenyam pendidikan se Kabupaten Karimun, sebanyak 21.000 santri, dengan dididik oleh 1.611 guru TPQ dari sekitar 400 TPQ se-Kabupaten Karimun.

Sedangkan rincaian jumlah 770 santri yang diwisuda se Pulau Kundur antara lain adalah, Kecamatan Kundur 188 santri, Kecamatan Kundur Utara 213 santri, Kecamatan Kundur Barat 137 santri, Kecamatan Belat 102 santri dan Kecamatan Ungar 129 santri.(gan)