Hang Nadim Mulai Dipadati Pemudik

BATAM – Pergerakan penumpang yang menggunakan moda transportasi udara di bandar udara (Bandara) Internasional Hang Nadim, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mulai menunjukkan kepadatan. Kondisi ini bahkaj sudah terjadi sejak tujuh hari belakangan.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan, kepadatan yang pada kondisi normal berada di angka 6.000 penumpang, saat ini mulai mengalami kenaikan di atas 7.000 penumpang setiap harinya.

Bahkan pada akhir pekan lalu, jumlah penumpang yang menggunakan pesawat sebanyak lebih dari 8.000 penumpang. “Ini belum termasuk waktu yang kita perkirakan terjadi peningkatan, biasanya pada momen seminggu sebelum lebaran,” kata Suwarso pada Kamis (7/6).

Suwarso menjelaskan otoritas bandara telah mempersiapkan segala kelengkapan untuk menyambut dan melayani keberangkatan masyarakat melalui bandara Hang Nadim. Di bandara sendiri sudah berdiri pos pengamanan, pelayanan, berikut dengan petugas yang sudah bersiaga di sekitas bandara.

Dari tiga pos yang disiapkan, tiap pos disiagakan 10 petugas Aviation Security (avsec), 30 petugas Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam, 20 petugas dari Polsek Bandara, dan 20 petugas dari TNI AU.

Sementara itu Suwarso menjelaskan bahwa puncak arus mudi diperkirakan jatuh pada H-5 atau pada Minggu (10/6). Pada puncak arus mudik ini, diprediksi jumlah gerak penumpang lebih dari 10 ribu orang. (miksan)

Mungkin Anda juga menyukai