Imigrasi Belakangpadang Akan Layani Paspor Keliling

BATAM – Untuk memaksimalkan pelayanan keimigrasian di pulau-pulau, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Belakangpadang, Kecamatan Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan mengadakan kegiatan Imigrasi Goes To Pulau.

Kegiatan yang direncanakan mulai dijalankan pada akhir Juni 2018 ini akan menyasar masyarakat pulau, terutama untuk kebutuhan pembuatan paspor. Hadirnya petugas imigrasi untuk memberikan pelayanan ini diharapkan akan mempermudah masyarakat yang memang berniat untuk mengajukan permohonan pembuatan, perpanjangan, dan penambahan halaman paspor.

 iklan

Kepala Seksi Lalulintas dan Status Keimigrasian, Kanim Kelas II Belakangpadang, Charaghita Probo Yuantoro menjelaskan bahwa Imigrasi Goes To Pulau ini merupakan reaksi atas dinamika sosial budaya yang ada di lingkungan yang menjadi wilayah kerja Kanim Belakangpadang.

“Butuh biaya untuk mereka sampai ke kantor Imigrasi, jadi kita bantu dengan datang langsung kepada masyarakat di pulau-pulau untuk mempermudah mereka,” kata Charaghita di Batam pada Kamis (24/5).

Kegiatan ini juga didasarkan atas data bahwa masih banyaknya masyarakat pulau yang melakukan perjalanan ke negara tetangga. Kedekatan geografis ini membuat masyarakat Belakangpadang memikiki kedekatan tersendiri dengan Malaysia dan Singapura.

Sehingga kunjung mengunjungi antar masyarakat beda negara ini sering terjadi. “Jadi masyarakat Kecamatan Belakangpadang ini memiliki kedekatan, sehingga seringkali mereka saling berkunjung, melihat saudara atau kerabat yang masih memiliki ikatan darah namun beda warganegara,” kata Charagita menjelaskan.

Charaghita mengharapkan masyarakat bisa betul-betul memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Kanim Belakangpadang, sehingga pelayanan yang diberikan bisa terlaksana dengan maksimal. (miksan)