MTQ Batam Tingkatkan Harkat dan Martabat Masyarakat

PERHELATAN Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Batam sukse digelar sejak Rabu (18/4/2018) hingga Senin (23/4/2018) malam. Berbagai cabang ditandingkan perhelatan bergengsi ini, mulai dari Tartil anak-anak, remaja, dewasa, Qira’at Saba’a, Canet, dan Qasidah Rebana. Kemudian golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, 20 juz, 30 juz, serta tafsir Al-Qur’an. Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, cabang Khath Al-Qur’an dan Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ).

Semua peserta pun semangat mengikutinya, mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik, dan akan mewakili Batam untuk MTQ tingkat Provinsi Kepri yang akan digelar di Kabupaten Lingga, bahkan MTQ Nasional 2018 yang akan diselenggarakan di Sumatera Utara.

Dari berbagai perlombaan tersebut, Kecamatan Batam Kota berhasil keluar sbagai Juara Umum, sekaligus menggeser posisi Kecamatan Batuampar yang harus puas berada di posisi kedua dan disusul oleh Kecamatan Sei Bedug di peringkat ketiga.

Walikota Batam, HM Rudi SE.MM yang senantiasa menyempatkan diri untuk menyaksikan perlombaan-perlombaan pada MTQ tingkat Kota Batam ini, mengaku sangat bangga dengan pencapaian yang diraih oleh para peserta dan kontingen.

Rudi mengatakan, dengan terus berlatih meningkatkan kualita dan mutu membaca Al Quran, Batam bisa kembali menjadi juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Kepri, sehingga piala bergilir itu dapat menjadi piala tetap untuk Batam.

“Saya bangga dengan kepintaran para peserta, terlebih adik-aik yang masih remaja dan muda-muda, tingkatkan terus ilmu membaca Al Quran ini, bersama kita bentengi diri kita dan keluarga dengan agama,” ujarnya.

MTQ tingkat Kota Batam kali ini pun berbeda dengan MTQ sebelumnya, jika sebelumnya perhelatan akbar ni diselenggarakan di laun-alun Engku Putri atau failitas Kota Batam Lainnya, kali ini MTQ diadakan di tengah pemukiman, di Lapangan Gladi Bakar Jaya, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang.

Walikota mengatakan, tujuan diaakannya MTQ di Tanjungriau untuk lebih menekankan lagi syiar Islam di tengah masyarakat.

“Kita juga berharap dengan MTQ di pemukiman ini, harkat, martabat dan perekonomian masyarakat Tanjungriau ikut meningkat,” seutnya.

MTQ berikutnya, kata orang nomor satu di Batam ini, akan digelar di Masjid Agung Sagulung, yang saat ini masih dalam pengerjaan.(bosanto)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai