Hari Pertama UNBK SMP Batam, Server dan Genset Ready

BATAMPRO.id –¬† Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batam diikuti oleh 15.469 peserta. Dari jumlah tersebut, 4.881 siswa menjalani UNBK, sementara sisanya sebanyak 10.588 siswa mengikuti ujian dengan format UNKP.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hernowo mengatakan bahwa ada 57 sekolah SMP dan MTS negeri dan swasta, yang mengikuti UNBK. Dengan perincian delapan SMP negeri dan 29 SMP swasta, dua MTS Swasta dan 18 MTS negeri.

Pelaksanaan UNBK di hari pertama pada Senin (23/4) hari ini, diakui Hernowo berjalan lancar. Meskipun pada sesi pertama UNBK terjadi keterlambatan selama 30 menit, Hernowo mengatakan bahwa kesalahan bukan berada pada teknis di tingkat kota, melainkan berada di server pusat.

“Ada sedikit kendala sehingga agak terlambat di sesi pertama, tapi di sesi kedua kita laksanakan dengan lancar. Masalahnya ada di server pusat yang tidak bisa masuk,” kata Hernowo ketika dihubungi, Senin (23/4/2018).

Untuk mengantisipasi terjadinya kendala teknis seperti persoalan listrik mati dan jaringan internet. Hernowo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk bersiaga. Sewaktu-waktu terjadi gangguan, petugas akan segera bisa menindaklanjuti masalah tersebut.

“Kalau ini sudah kita antisipasi semua, masalah listrik sdh koordinasi dngn PLN, telepon dengan telkom dan lain-lain. Masalah server tiap sekolah ada cadangannya,” kata Hernowo lagi.

Sementara itu, untuk jumlah peserta ujian Nasional tingkat SMP di Batam, secara total terhitung ada 171 sekolah. Dengan perincian 56 SMP Negeri, 95 SMP wasta, dua MTs Negeri, dan 18 MTs Swasta.(iksan)