Siswa SMP Kundur Diajarkan Matematikan Bela Negara dan Senjata Serbu SS1

BATAMCLICK.COM:  Dengan menggunakan ikat kepala pita merah-putih, para anggota Kodim 0317/TBK semangat memberikan materi Wisata Matematika Bela Negara dan pencerahan tentang bahaya merokok di hadapan ratusan siswa-siswi SMP dan MTS di Kecamatan Kundur, Karimun, Kepulauan Riau, Senin (16/4/2018).

Kegiatan yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Kundur ini, masih dalam rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang diselenggarakan oleh Kodim 0317/TBK di kecamatan tersebut, sejak dua pekan silam.

 iklan

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Pembinaan SMP Pendidikan Kab. Karimun Bapak Sugito, Pasiter Kodim 0317/TBK Kapten Inf Taufik Sihombing, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Karimun Ibu Ema yanti, Kasi peserta didik dan pembangunan Karakter SMP Kab. Karimun Ibu Linda Haryani, Kasi Sarana prasarana SMP Kab. Karimun Ibu Raja Marliza, Para Kepala SMP/MTS Kecamatan Kundur, Ungar, Kundur utara, Kundur Barat, dan Belat, Babinsa Kodim 0317/TBK, Siswa Siswi SMP/MTS Wilayah Kecamatan Kundur, Ungar, Kundur Barat, Kundur Utara

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Karimun, Sugito menyebutkan, agar siswa-siswi SMP sukses mencapai cita-cita mesti menanamkan karakter pada diri masing-masing serta mesti memiliki moral yang baik dan teguh imannya.

“Siswa-siswi SMP harus sudah bisa membangun komunikasi yang baik denga  sesama siswa maupun dengan guru, serta harus kreatif dan inovatif,” saran Sugito.

Sementara itu, Ema Yanti selaku Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinkes Karimun mewanti-wanti agar siswa-siswi tidak terpengaruh dengan rokok. Menurut Ema, rokok mengandung zat adiktif yang mengakibatkan kecanduan.

“Siswa tidak boleh menyentuh rokok meski di luar sekolah. Untuk wilayah sekolah saat ini siapapun tidak boleh merokok dan kawasan sekolah harus 100 persen bebas dari asap rokok,” sebutnya.

Disinggung Ema pula, orang yang ketagihan merokok mengakibatkan badan tidak merasa nyaman, gairah pun berkurang, serta rawan terkena penyakit jantung, kanker, paru-paru dan penyakit lainnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0317/TBK, Kapten Inf Taufik Sihombing menyampaikan pihaknya sengaja mengundang pihak dinas kesehatan dan dinas pendidikan untuk memberikan pemahaman ke siswa-siswi tentang bahayanya merokok.

“Kegiatan ini bagian dari rangkaian kegiatan TMMD,” sebutnya.

Setelah istiriahat siang, acara Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara dilanjutkan dengan materi pengenalan Senjata SS 1 V 1 di Kantor Koramil 03 Kundur. Selanjutnya para siswa-siswi SMP dan MTS itu mengikuti materi PBB dan out bond.(gan)