Menteri BUMN Luncurkan Kapal Batubara

BATAMCLICK.COM: Guna memenuhi kebutuhan pengangkutan batu bara milik PT PLN (Persero), PT Djakarta Lloyd (Persero) menambah armada kapalnya. MV. Dharma Lautan Intan, kapal dengan bobot 50.000 – 60.000 DWT atau masuk dalam kelas supramax tersebut, Rabu (11/4/2018) diluncurkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau.

“Ini sebuah momentum sinergisitas yang baik anatara dua BUMN, PT PLN Persero dengan PT Djakarta Lloyd, kita harapkan kerja sama ini semakin meningkat kedepannya,” ungkap Rini.

Rini berharap dengan beroperasinya MV Dharma Lautan Intan ini, dapat mengangkut semua kebutuhan batu bara milik PLN Persero.

“Djakarta Lloyd dan PT PLN telah menjalin kontrak kerja pengangkutan batu bara yang jumlah naik tiga kali lipat dibandingkan kontrak tahun lalu,” ungkap Rini.

Selain itu, ia juga mengatakan kalau Djakarta Lloyd telah menjalin kerja sama dengan Grup Surya Mega Adiperkasa selama 5 tahun.

“Djakarta Dlloyd juga sudah berkerja sama dengan Grup Surya Mega Adiperkasa, untuk pengangkutan 500 ribu ton batu bara dalam jangka waktu lima tahun, ini sesuatu yang membanggakan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Djakarta Lloyd, Suyoto mengatakan, kedepan pihaknya juga memerlukan kapal tanker, untuk memperluas segmen jasa angkutan dibidang perminyakan.

“Saat ini kita masih kontrak dengan PT Pertamina Persero selama 10 tahun, kedepan kita coba memperluas kerja sama dengan perusahaan-perusahaan minyak lainnya,” jelas Suyoto.

Untuk memenuhi kebutuhan kapal tanker tersebut, ia mengatakan telah menjalin kerja sama dengan PT Dok Perkapalan Surabaya Persero.

“Kita sedang pesan kapal berkapasitas 6.500 DWT seharga 170 miliar sejak Oktober lalu, mudah-mudahan pertengah tahun ini bisa selesai,” harapnya.(elin)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai