Bupati Karimun Godok Kafilah MTQ Kepri

BATAMCLICK.COM: Pemerintah Kabupaten Karimun mulai melakukan seleksi dan pembinaan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepri ke VII, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lingga, awal Mei mendatang.

Persiapan tersebut langsung dibebankan Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun, yang diketuai oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim. Hal itu disampaikan Rafiq pada malam penutupan MTQ tingkat Kabupaten Karimun ke X yang dilaksanakan di Kecamatan Ungar.

Aunur Rafiq mengatakan, para peserta yang berhasil mendapatkan juara pada MTQ Kabupaten Karimun ke-10 di Kecamatan Ungar akan dibina. Pembinaan dilakukan bagi peserta yang meraih juara satu, dua dan tiga untuk dilakukan Training Centre (TC) kembali. Sebagaimana SK dari dewan juri bahwa tidak mutlak yang juara satu akan menjadi utusan.

“Mereka para juara terbaik satu, dua dan tiga akan mengikuti training TC dan dilakukan pembinaan kembali. Kemudian akan diuji untuk melihat kemampuannya. Nanti diputuskan oleh ketua kafilah dan juga dari LPTQ Kabupaten Karimun, siapa saja yang akan mewakili kafilah Kabupaten Karimun dalam ajang MTQ Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga pada awal Mei nanti,” kata Rafiq usai menutup MTQ Kabupaten Karimun ke 10 di Kecamatan Ungar, Minggu malam (8/4/2018).

Persiapan yang akan dilakukan menghadapi MTQ Provinsi Kepri antara lain adalah melakukan TC untuk pembinaan para qori dan qoriah terbaik.

Tujuannya agar para utusan dari Kabupaten Karimun akan semakn siap secara mental dan teknis, sehingga mapu bersaing dengan kabupaten kota lainnya, dengan harapan Kabupaten Karimun menjadi terbaik di MTQ ke-7 Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga.

Persiapan lainnya adalah, Pemkab Karimun akan mengundang pelatih nasional, didatangkan ke Kabupaten Karimun guna meningkatkan kualitas para qori dan qoriah.

Beberapa cabang yang perlu mendatangkan pelatih tingkat nasional seperti khat atau kaligrafi, cabang fahmil dan syarhil. Serta beberapa cabang lainnya yang perlu persiapkan lebih baik.

Rafiq belum berani menyampaikan siapa saingan terberat kafilah Kabupaten Karimun. Menurutnya, semua Kabupaten Kota di Kepri adalah sama.

Mereka memiliki kemampuan dan keiginan yang sama. Sehingga tidak dapat dikatakan Kabupaten Kota mana yang dinilai menjadi saingan terberat.

“Yang pasti kita akan mempersiapkan ini dengan lebih baik, tentunya dibawah koordinasi dari Wabup Karimun Anmwar Hasyim sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Karimun,” ungkap Rafiq.

Kata Rafiq lagi, cabang yang menjadi unggulan dari Kabupaten Karimun dalam ajang MTQ Provinsi Kepri nantinya adalah tilawah, tahfiz, syarhil, khat, tafsir bahasa dan tafsir bahasa inggris, termasuk tilawah tuna netra.

Dia juga meyakini akan ada anak Kabupaten Karimun yang melaju ke tingkat nasional dan internasional.

“Kita akan lihat siapa yang juara nasional nantinya dan bisa saja dia ikut ke tingkat internasional. Kita berharap sebagaimana tahun teradhulu bahwa utusan dari nasiondal dan internasional selalu dari Kabupaten Karimun. Mudah-mudahan tahun ini juga demikian,” harap Rafiq.

Keluar sebagai juara umum pada MTQ Kabupaten Karimun ke 10 adalah kafilah Kecamatan Meral Barat. Kafilah tersebut mampu mempertahankan gelar juara umum, dimana pada MTQ tahun 2017 lalu Meral Barat sebagai tuan rumah berhasil menyabet juara umum meski menuai polemik dan kontroversi perolehan juaranya.(gani)