Ketika Mural Perindah Kota Batam

BATAMCLICK.COM: Belakangan ini anda mungkin sering melihat tembok-tembok di sepanjang jalan Kota Batam dilukis dengan lukisan 3 dimensi, ada yang menggambarkan pahlawan nasional, kesenian-kesenian Melayu, adat istiadat, bunga dan taman, hingga ke tokoh-tokoh pahlawan super hero.

Lukisan 3 dimensi di dinding ini, disebut mural, fungsinya tentu untuk mempercantik kota. Ini program Pemko Batam dalam memaksimalkan Batam sebagai kota pariwisata.

 iklan

Anggaran pembuatan lukisan dinding jalan ini diambil dari dana CSR perusahaan-perusahaan yang pedui dengan keindahan kota.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan dana CSR dari Bank Mandiri sebesar 194 juta, itu yang kita kelola untuk membuat mural ini,” ungkap Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admaji.

Yudi mengatakan lukisan mural di dinding jalan ini, sedah dimulai sejak akhir 2017 lalu.

“Tahun lalu kita mulai dari tembok yang ada di Simpang Glael, Sungaipana, lalu sepanjang Sungaipanas, dan sekarang kurang lebih 800 meter dari Plasa Telkom, Masjid Al-Falah, seberang Evitel Hotel dan depan Graha Sulaiman,” sambung Yudi.

Yudi yakin dengan hiasan-hiasan ini, wisatawan akan bertambah nyaman dan senang berlama-lama di Batam.

“Ya, kalau kotanya cantik, indah, nyaman, pasti wisatawan mau berlama-lama disini, untuk itu kami terus mendorong pihak-pihak swasta untuk bersama-sama berkontribusi memperindah Batam,” papar Yudi.

Dijelaskannya, dengan kerja sama ini, pembangunan Batam akan semakin cepat dan tepat sasaran.

“Kami bangun infrastrukturnya, jalan, batu miring, taman lampu hias dan lain-lain, pihak swasta bantu artistiknya, memperindah taman itu, membuat cantik batu miring yang ada, sehingga kesannya benar-benar enak dipandang mata, tak hanya tembok kosong,” jelasnya.

Mantan Camat Bengkong ini juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi fasilitas-fasilitas umum dari tangan-tangan jahil yang suka merusak.

“Setelah cantik, indah, asri, kita jaga bersama-sama, jangan biarkan kota kita ini dirusak oleh tangan-tangan jahil,” ujarnya.

Pekerjaan mural di kawasan Pelita hingga Nagoya ini dijadwalkan selesai pekan depan. Pemko Batam terus berbenah dan berusaha mencari hal-hal baru untuk memperindah dan mempercantik kota ini.(elin)