Pak Dewan… Batam Butuh CCTV di Jalan Raya

BATAMCLICK.COM: Tingginya tingkat kriminalitas jalanan di Kota Batam, membuat Dinas Kominfo mengusulkan pengadaan CCTV pemantauan simpang empat dan sejumlah jalan yang dianggap rawan.

“Sebenarnya usulan ini sudah kia masukkan pada tahun lalu, tapi karena adanya rasionalisasi anggaran, akhirnya tidak terakomodir, maka kita usulkan lagi untuk tahun 2019, mengingat pentingnya CCTV sebagai pemantau dan perekam hal-hal yang terjadi di jalan,” ungkap Kepala Dinas Infokom, H Salim S.Sos, MSi.

Hanya sebanyak 20 unit CCTV yang diusulkan, jumlah ini untuk menambah 36 unit CCTV yang sudah terpasang sejak 2017 silam.

“Sudah diputuskan dalam Musrembang Kota Batam, tinggal pengesahan dari DPRD Kota Baam saja, mudah-mudahan tidak terkena rasionalisasi lagi, karena ini sangat penting,” ujarnya.

Dijelaskan Salim, setelah terpasangnya CCTV ini, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, untuk melakukan pemantauan dan pencegahan tindak kejahatan.

“Sejauh ini jika terjadi kejahatan jalanan, pihak kepolisian sedikit kesulitan untuk mengungkap pelaku, karena minimnya CCTV yang ada. Mudah-mudahan dengan terealisasinya 20 CCTV ini, kita bisa sama-sama mengantisipasi dan jika memang terjadi tidak kejahatan, polisi dapat dengan mudah mengungkapnya, karena terekan dalam server CCTV kita,” tutupnya.(elin)