Sarden Bercacing Masih Dijual di Batuaji

BATAMCLICK.COM: Kendati hampir semua media massa, memberitakan larangan penjualan tiga merk sarden yang mengandung cacing pita oleh BPPOM RI, namun masih ada sejumlah toko yang bandel. Mereka tetap memajangkan ikan-ikan kaleng itu di rak dagangannya.

Laporan masyarakat terkait masih diperjual-belikan sarden Hoki, Farmer Jack dan IO ini membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam berang.

Sabtu (24/3/2018) mereka menggelar Inpeksi Mendadak (Sidak) terhadap sejumlah toko dan mini market yang dilaporkan itu.

“Ternyata memang benar masih ada empat toko dan mini market yang masih menjual ketiga sarden itu,” ungkap Kadis Perindag Kota Batam, Zarefriadi yang langsung memimpin sidak tersebut.

Keempat toko tersebut yakni Toko Viktoria di Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Mini Market Grost Mart di Kelurahan Belian, Batam Kota, Mini Market MM 3 Brother di Kelurahan Belian, Batam Kota, dan Toko Along di Kelurahan Belian, Batam Kota.

Dari Viktoria, Tim Sidak menyita 4 kaleng sarden Mackarel yang terdiri dari 3 kaleng merk Hoki dan 1 kaleng merk Farmer Jack.

“Di Mini Market Grost Mart ada 76 kaleng dengan rincian 51 kaleng merk IO dan 25 kaleng merk Hoki. Sedangkan di Mini Market MM 3 Brother ada 54 kaleng yang terdiri dari 25 kaleng merk IO dan 29 kaleng merk Hoki. Serta di Toko Along kami amankan 23 kaleng merk IO,” papar Zarefriadi.

Total sitaan 157 kaleng sarden ini menurut Zarefriadi akan segera dikembalikan ke distributornya masing-masing.

“Saya tekankan kepada distributor ketiga merk sarden ini, agar menarik barangnya dari toko, semua! jangan disisa-sisakan. Kepada pemilik toko, jangan lagi menjual ketiga merk sarden ini, sampai nanti setelah ada izin edar baru, karena ini dapat merugikan kesehatan masyarakat,” tegas orang nomor satu di Dinas Perindag ini.

Ia juga meminta keaktifan masyarakat, untuk dapat melaporkan jika menemukan ketiga merk sarden ini masih diperjual-belikan.(miksan)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai